HALO SEMARANG – Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2024 mencapai 88,20, atau masuk dalam kategori sangat memuaskan. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 2,37, dibandingkan dengan tahun 2023.
Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Sistem Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Joko Parmiyanto.
“Survei ini kita selenggarakan dengan metode ilmiah, dengan kita menggali berbagai aspek dimensi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan. Tiga aspek ini itu kemudian kita cek betul-betul ke lapangan, ke jamaah,” kata Joko Parmiyanto, di Jakarta, Jumat (20/9/2024), seperti dirilis kemenag.go.id.
Ia menjelaskan, survei dilakukan dengan pengisian kuesioner secara mandiri kepada 14.400 orang warga yang menunaikan ibadah haji tahun ini, terkait kualitas berbagai pelayanan yang diterima.
Selain kuantitatif, dilakukan pula wawancara untuk mengumpulkan data kualitatif, serta observasi fasilitas dan proses pelayanan yang diterima jemaah.
“Nah tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan, sehingga ini menjadi benchmark dan menjadi masukan buat teman-teman di Kementerian Agama,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Joko Parmiyanto menegaskan bahwa survei dilakukan apa adanya. Menurutnya, meski indeks kepuasan jemaah haji Indonesia naik pada tahun 2024 ini, indeks juga pernah mengalami penuruan di tahun-tahun sebelumnya.
“Kalau dibilang selalu naik, enggak juga, karena ini independensi kami di BPS. Di dalam slide tadi saya perlihatkan bahwa ada naik turun, ada pernah tinggi secara indeks, pernah juga turun untuk indeks tersebut. Karena memang itu menunjukkan apa yang dirasakan oleh jamaah haji Indonesia,” jelasnya.
Dia mengatakan pada 2023 juga terjadi penurunan. Namun hal ini sepertinya dijadikan pelajaran oleh Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, untuk melakukan perbaikan, hingga melakukan beberapa inovasi yang akhirnya membuat indeks kepuasan meningkat.
“Harus kami buktikan dari BPS bahwa kami itu independen. Itu kita lakukan apa adanya, kita potret, kita lihatkan, kalau turun ya turun. Justru malah kalau turun ini menjadi masukan buat Kementerian Agama, apa yang mesti diperbaiki, begitu,” lanjutnya.
Dia menyatakan BPS tidak memiliki tendensi apapun dalam mengukur tingkat kepuasan jemaah haji ini.
“Jadi kami tidak ada tendensi, kami memotret apa adanya. Bukan karena kita kerja sama kemudian kami buat baik-baik, enggak juga. Kami apa adanya. Jadi ini independensi kami. Kalau ada yang mempertanyakan, itu sakitnya di sini gitu ya,” tuturnya. (HS-08)