HALO SEMARANG – Selama bulan Oktober 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang telah memberangkatkan sebanyak 494.453 penumpang kereta api. Sedangkan jumlah penumpang yang tiba pada periode yang sama mencapai 500.986 penumpang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan, total jumlah penumpang yang dilayani untuk keberangkatan dan kedatangan di wilayah Daop 4 Semarang selama Oktober 2024 yaitu mencapai 995.439 penumpang.
Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 1,6 persen dibandingkan dengan bulan September 2024, di mana jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 980.078 penumpang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023 jumlah tersebut naik sebesar 1,7 persen, dimana saat itu jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 978.332 penumpang.
“Puncak kepadatan penumpang tertinggi terjadi pada Minggu(27/10), dengan jumlah 24.493 penumpang yang berangkat menggunakan kereta api dari wilayah Daop 4 Semarang. Sedangkan puncak kedatangan terjadi pada Sabtu (19/10), dengan 20.583 penumpang tiba di wilayah Daop 4 Semarang,” ujar Franoto, Jumat (8/11/2024).
Adapun stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang selama bulan Oktober 2024 antara lain, yaitu Stasiun Semarang Poncol dengan 136.472 penumpang, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng 134.379, kemudian Stasiun Tegal 71.500 dan Stasiun Pekalongan 49.908.
“Selanjutnya Stasiun Pemalang 23.231penumpang, Stasiun Ngrombo 21.598 dan Stasiun Cepu 21.399 penumpang,” imbuhnya.
Sementara, lanjut Franoto, kereta api yang menjadi favorit penumpang di wilayah Daop 4 Semarang yaitu meliputi KA 235 Airlangga dengan jumlah 23.676 penumpang, KA 236B Airlangga 21.568 penumpang, KA 232 Ambarawa Ekspress 19.228 penumpang. Kemudian KA 257 Tawang Jaya 17.054 penumpang, dan KA 151 Tawang Jaya Premium (6.203) penumpang.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api. KAI akan terus menjaga kepercayaan tersebut dengan meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi,” pungkas Franoto. (HS-06)