in

Lewat Ekosistem Omnichannel Blibli Tiket, Tampilkan Fitur, Inovasi, dan Keuntungan Bagi Pelanggan

Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations saat memaparkan materinya dalam acara bersama awak media bertajuk Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket bertempat di Farmers Market Tentrem Mall, Rabu (31/7/2024).

HALO BISNIS – Merayakan semarak ulang tahun ke-13, PT Global Digital Niaga tbk (BELI) atau Blibli menyambangi Kota Semarang. Acara dikemas bertajuk Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket itu diselenggarakan di Farmers Market Tentrem Mal, Semarang, baru-baru ini. Blibli memaparkan perjalanan, upaya, dan terobosan ekosistem Blibli Tiket yang hadir sejak tahun 2022, yang utamanya dalam memberikan layanan omnichannel yang senantiasa relevan dan inklusif untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pelanggan.

Head of Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan mengungkapkan, bahwa sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket ibarat tradisi kebersamaan makan-makan saat ulang tahun. “Semua menu tersedia lengkap di atas meja. Seperti halnya komitmen kami dalam memperkuat ekosistem omnichannel terpadu, yang siap memenuhi hampir 90 persen potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia. Mulai dari belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga, tanpa hambatan baik online maupun offline,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam ekosistem Blibli Tiket sendiri terdapat enam sinergi dan inovasi terintegrasi satu sama lain. Yaitu Blibli Tiket Paylater, Single Sign-On, Loyalty Membership Parity, Blibli Tiket Reward, Blibli Tiket Action, dan Unified Membership.

Salah satu inovasi utama adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi di semua platform Blibli Tiket PayLater. Saat ini, metode pembayaran tersebut telah menjadi salahsatu pilihan utama bagi pelanggan di Blibli, tiket.com dan juga Ranch Market.

Selain Blibli Tiket Paylater, ada juga penyatuan keanggotaan pelanggan. Di mana penyatuan ini tiering (memberi label pada proyek berdasarkan serangkaian kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya) keanggotan yang akan dinikmati pelanggan akan mengikuti tiering yang paling tertinggi.

“Dengan mengikuti tiering yang tertinggi ini, maka benefit yang akan diikuti pelanggan mengikuti tiering yang tertinggi yaitu diamond,” paparnya.

Selain itu juga terdapat Loyalty membership Parity, di mana poin yang didapatkan oleh pelanggan akan dipadukan dan bisa dipergunakan di dalam ekosistem Blibli Tiket. Dalam satu poin tersebut bisa dipakai di Blibli, Tiket.com, dan di Ranch Market Group.

Yolanda menyebutkan, keuntungan-keuntungan yang dihadirkan dalam ekosistem Blibli Tiket untuk memudahkan untuk pelanggan. Sehingga peningkatan transaksi cross platform di dalam ekosistem Blibli Tiket semakin tinggi.

“Kalau tadi kita sudah memadukan belanja secara online, tetapi kita juga memadukannya secara offline. Jadi banyak fitur-fitur yang kita kembangkan untuk konsumen bisa menikmati belanja terintergrasi offline dan online,” jelasnya.

Salah satu fitur tersebut yakni metode click and collect dan Blibli in store. Di mana terdapat mesin payment di dalam toko fisik yang memudahkan konsumen atau pelanggan untuk mendapatkan pilihan payment yang lengkap seperti berbelanja di online.

Keanggotaan pelanggan Blibli Tiket juga sepenuhnya terintegrasi menjadi Unified Membership dan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan. Dan sebagai wujud selebrasi, pada 10 Juni-16 Juli 2024 lalu, program fast-track diadakan.

“Lebih dari 145 ribu pelanggan yang baru pertama kali bergabung, sebanyak 2 persen atau lebih dari 2.000 pelanggan ter-upgrade menjadi tier Diamond dan merasakan berbagai manfaat mulai dari free airport lounge, kuota tambahan gratis ongkir 10x, hingga voucher ulang tahun senilai Rp 175 ribu,” jelasnya.

Sementara, David Hutani, Region Head of Central Java Blibli mengatakan, bahwa warga Jawa Tengah mulai merasakan kenyamanan dan manfaat dari solusi omnichannel yang Blibli tawarkan. Di sisi lain, preferensi dan kepercayaan masyarakat Jawa Tengah juga berkontribusi dalam mendorong ekosistem Blibli Tiket agar semakin relevan dan menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka.

“Dari mulai belanja kebutuhan harian, produk ibu dan anak yang terpercaya kualitasnya, hingga pembelian produk otomotif. Pelanggan bisa bertransaksi secara omnichannel dengan mudah sesuai preferensi dan kepercayaan masyarakat Jawa Tengah, juga berkontribusi dalam mendorong ekosistem Blibli Tiket agar semakin relevan dan menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka,” katanya.

“Dari mulai belanja kebutuhan harian, produk Ibu dan Anak yang terpercaya kualitasnya, hingga pembelian produk otomotif, pelanggan bisa bertransaksi secara omnichannel dengan mudah sesuai dengan preferensi mereka,” tambah dia.

Dia juga menjelaskan, bahwa animo masyarakat Jawa Tengah terhadap pengalaman berbelanja Click & Collect tercatat tinggi. Apalagi, Blibli Jawa Tengah hingga saat ini telah berkolaborasi dengan lebih dari 200 mitra seller dari berbagai kategori untuk menghadirkan pengalaman omnichannel terdepan. Mulai dari smartphone, komputer, Bliblimart, otomotif, dan toko perhiasan.

“Dengan semangat #BisaJadiLebih, Blibli terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan relevan bagi masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia. Blibli percaya bahwa lewat ekosistem omnichannel Blibli Tiket yang inklusif, pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanja yang lebih mudah, nyaman, dan memuaskan, baik secara online maupun offline. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah mendukung Blibli selama 13 tahun ini,” pungkasnya.(HS)

Transaksi Barang dan Jasa Melalui Blangkon Jateng Capai Rp 263,9 Miliar

Elektabilitas Rendah, Potensi Dico Maju di Pilwakot Semarang Belum Aman