in

Dewan Dorong Warga Terdampak Banjir Perum Dinar Indah Direlokasi

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono.

HALO SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendorong rencana relokasi bagi warga terdampak banjir di Perumahan Dinar Indah, Kecamatan Tembalang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sebab, lokasi yang ditempati puluhan kepala keluarga tersebut saat ini rawan terkena bencana banjir saat musim hujan.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono mengatakan, terkait rencana relokasi warga Dinar Indah, nantinya seharusnya didasarkan atas hasil musyawarah atau masukan dari warga. Dan benar-benar diberikan pemahaman dan disosialisasikan bahwa lokasi yang ditempati warga yang sekarang rawan banjir saat musim hujan.

“Hal yang juga perlu diperhatikan, mengenai lahan baru yang akan dijadikan tempat relokasi nantinya sudah harus disiapkan dengan matang oleh Pemkot Semarang, kemungkinan ada satu atau dua opsi lahan lokasi untuk relokasi yang akan ditawarkan kepada warga,” ujarnya, Selasa (26/3/2024).

Kemudian yang tak kalah pentingnya, lanjut dia, dari sisi fasilitas yang akan diberikan kepada warga ketika menerima relokasi harus dipastikan.

“Nantinya saat direlokasi warga akan mendapatkan fasilitas dari Pemkot, apakah mereka akan dibuatkan rumah baru untuk mereka atau berupa diganti dengan dana saja dan membangun sendiri rumahnya, serta waktunya ditentukan kapan.
Harapannya, warga bisa difasilitasi ketika menerima untuk pindah ke lokasi yang baru,” tambahnya.

Menurutnya, ketersediaan untuk lahan baru di Kota Semarang masih memungkinkan untuk menjadi lahan relokasi warga, misalnya di lahan eks bengkok, yang notabenenya aset Pemkot Semarang.

“Selama ketika akan ditempati warga, perlu ada mekanisme aturan secara teknis yang mengaturnya sehingga pengalihan kepemilikannya tidak melanggar aturan yang ada. Bagaimanapun aturannya harus jelas, dan tidak melanggar aturan, serta melalui prosedur/mekanisme yang ada,” pungkasnya.

Seperti diketahui, lokasi yang ditempati warga Perumahan Dinar Indah, Meteseh, Tembalang berada didaerah rawan banjir. Karena lokasinya tidak jauh dari aliran sungai Pengkol yang berhulu di Kabupaten Semarang.(HS-06)

Perpusda Kendal Jadi Ruang Kreativitas Masyarakat

Delfin Rumbino dan Vitinho Sukses Jalani Operasi