HALO SEMARANG – Shopee merayakan pertumbuhan ekonomi digital dan membagikan dampak positif yang dihadirkan oleh e-commerce dan layanan keuangan digitalnya kepada masyarakat di tahun 2021. Bahkan, di Asia Tenggara terus mengalami percepatan perkembangan teknologi, hal itu terlihat dari penambahan 40 juta pengguna digital baru pada tahun 2021.
Seiring dengan pertumbuhan tersebut, Shopee memperkuat inklusi digital dengan memberdayakan lebih banyak orang dan bisnis untuk mendapatkan peluang secara online.
Pada tahun 2021, semakin banyak pihak yang dapat mengakses dan memanfaatkan secara regional, 1 dari 6 pesanan Shopee dibuat oleh pengguna baru, sementara jumlah penjual di luar kota besar tumbuh 70 persen dibandingkan tahun 2020. Shopee juga memberikan lebih banyak hiburan dan kenyamanan bagi pembeli, serta mengembangkan talenta untuk maju di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi digital.
Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia mengatakan, di tahun 2021, Shopee tetap setia pada misi untuk memberi manfaat bagi komunitas lokal melalui teknologi, terutama bagi pengguna yang kurang terlayani.
Dengan semakin banyaknya masyarakat dan bisnis yang beralih ke online, pihaknya terus berinovasi dan melayani kebutuhan mereka dengan lebih baik, serta beradaptasi dengan cara baru dalam menjalankan kehidupan, bekerja, dan berbelanja.
“Merealisasikan komitmen untuk terus dapat diandalkan dalam setiap momentum kehidupan pengguna, Shopee menghadirkan kampanye 4.4 Sambut Ramadan Sale sebagai upaya kami dalam menemani pengguna dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadan. Inilah cara kami untuk menjadi perpanjangan tangan untuk mencapai peluang baru dan menciptakan nilai bagi komunitas kami. Mari bekerja bersama menuju ekonomi digital yang lebih dinamis dan inklusif,” terangnya, Jumat (1/4/2022)
Pada tahun 2021, kata dia, semakin banyak masyarakat dan bisnis lokal yang mampu mengakses dan memanfaatkan ekonomi digital bersama Shopee. Sehingga Shoppe bisa memperluas jangkauan, melanjutkan untuk menciptakan pembelian dan penjualan online lebih mudah untuk semua kalangan.
Bahkan, sepanjang tahun, Shopee memperkenalkan kampanye lokal yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pembeli yang terus berkembang, memperluas jaringan pengirimannya sehingga pengguna dapat berbelanja, dan menerima pembelian dengan baik.
“Bahkan, di lebih banyak daerah pedesaan, Shopee juga meningkatkan jangkauannya untuk membantu lebih banyak UMKM menjadi digital, terutama produsen dan petani lokal di jantung ekonomi lokal. Tidak hanya itu, ShopeePay juga menghubungkan merchant online dan offline dengan pelanggan baru,” tambahnya.
Selain itu, Shopee Mall terus memperkuat strategi untuk para mitra brand, juga menjadi pionir dalam menghadirkan solusi dan cara inovatif dalam mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. Mitra brand melihat pertumbuhan yang kuat dan berhasil meraih pencapaian baru, 42 juta pengguna melakukan pembelian pertama mereka di Shopee Mall pada tahun 2021.
“Shopee terus berinovasi dan melayani penggunanya lebih baik pada tahun 2021. Semakin banyak masyarakat yang mengandalkan e-commerce, Shopee bekerjasama lebih dekat dengan para penjual dan mitra brand untuk menyenangkan pengguna dan memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi seluruh pihak,” ujarnya.
Dengan berkembangnya komunitas penjual dan mitra brand, Shopee terus memperluas pilihan produknya untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan aman dan nyaman. Didukung oleh ekosistem terintegrasi, tercatat 60 persen peningkatan pengguna yang memberikan ulasan produk bintang 5 pada tahun 2021 dibandingkan dengan 2020.
“Fitur pada aplikasi Shopee terus menghibur pengguna dan menciptakan kebersamaan. 400 juta jam dihabiskan di Shopee LIVE, sementara in-app games dimainkan lebih dari 40 miliar kali,” jelasnya.
Shopee juga berkomitmen untuk berkontribusi pada kemajuan Indonesia melalui berbagai inisiatif strategis dengan Pemerintah Pusat dan Daerah. Sejak tahun 2021 telah fokus untuk mengembangkan keterampilan digital masyarakat dan UMKM Indonesia, seperti di antaranya sebanyak 26 ribu siswa SMK di Jawa Barat belajar bisnis menggunakan kurikulum ekonomi digital guna bisa bersaing dan diserap industri kekinian.
“Siswa yang menjadi target pelatihan tersebar di 27 kabupaten/kota dan telah mulai dilatih pada Januari 2022. Kurikulum ekonomi digital dikembangkan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Shopee. Dan telah hadir di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Medan dan Samarinda, bangunan fisik ini menawarkan pendampingan dari hulu ke hilir mulai dari edukasi, pemasaran, penyediaan sistem inventori dan pengiriman, hingga pelatihan intensif yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi secara gratis. Tujuannya, membuat UMKM bisa belajar keterampilan digital dengan mudah dan cepat agar bisa naik kelas,” lanjutnya.
“Selain itu, salah satu komitmen Shopee diantaranya adalah melayani masyarakat yang belum terlayani dengan baik melalui teknologi kami. Shopee menghadirkan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk bekerja sama dengan TNI dari Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana untuk menyediakan akses ke air bersih bagi 3.500 rumah tangga di Bali dan Nusa Tenggara Timur. Pembangunan pompa air ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan krisis air bersih demi terciptanya kehidupan yang lebih baik di kedua provinsi tersebut,” katanya.
“Salah satu misi kami adalah membawa produk buatan UMKM lokal masuk ke panggung dunia. Melalui Program Ekspor Shopee, kami telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal bisa mengekspor produk ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin. Busana muslim dan produk fesyen menjadi 2 barang yang paling dicari oleh pembeli dari berbagai negara,” kata dia menimpali.
Shopee terus berkomitmen untuk menemani setiap momentum kehidupan pengguna dan memenuhi berbagai kebutuhan di setiap harinya. Di tahun 2022 ini, Shopee kembali menghadirkan rangkaian kampanye dan inovasi terbaru dengan berbagai penawaran dan hiburan menarik.
Menyambut bulan suci Ramadan, Shopee menghadirkan kampanye 4.4 Sambut Ramadan Sale yang berlangsung dari 19 Maret hingga 4 April 2022. Pengguna akan dimanjakan dengan berbagai promo tematik setiap harinya dan penawaran menarik, antara lain, yaitu”0 Flash Sale Sembako RP 1″.
Pengguna berkesempatan menikmati Flash Sale seharga Rp1 untuk berbagai produk sembako, seperti beras, tepung terigu, sirup, dan gula untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan saat berpuasa. “Setiap Hari Cashback” yang mana pengguna bisa mendapatkan voucher cashback sampai dengan 300 Ribu melalui Voucher Kaget di aplikasi Shopee setiap hari. Selain itu, nikmati juga voucher cashback harian dan mingguan lainnya yg ada di kampanye 4.4 Sambut Ramadan Sale. Serta “Gratis Ongkir Xtra” dengan nikmati layanan gratis ongkir Xtra setiap belanja sepanjang kampanye berlangsung,”pungkasnya. (HS-06)