HALO SEMARANG – Setelah sukses menggelar Indonesia Digital Conference (IDC) pada tahun 2019 lalu, di penghujung tahun 2020 ini Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan kembali menggelar IDC yang dikemas lebih spektakuler.
Hal itu karena tahun ini IDC akan diikuti oleh sekitar 5.000 peserta dari seluruh Indonesia.
IDC rencananya akan digelar selama dua hari, tanggal 15 dan 16 Desember 2020 secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom dan menghadirkan para pembicara dari kalangan Menteri, BUMN, dan korporasi dalam transformasi digital.
Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan, IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.
“IDC merupakan sumbangsih AMSI untuk bicara seperti apa arah industri digital ke depan dari para ahlinya,” ujar Kak Wens, Jumat (4/12/2020).
Tahun 2019, pada Kamis 28 November, AMSI telah sukses menggelar IDC dengan mengundang para pengusaha, banker, start up, pemerintah, media dan masyarakat yang memiliki perhatian terhadap perkembangan bisnis dan dunia digital di Indonesia. Kegiatan berlangsung di Ballroom Djakarta Theater Jakarta Pusat.
Menurut Wens, IDC tahun 2020 memiliki format yang berbeda dengan tahun lalu. Salah satunya, karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih dihadapi Indonesia dan dunia. Para ahli yang akan mengisi setiap sesi dapat menyajikan materi secara online.
“Seperti tahun lalu, kami membuka kerja sama dengan perguruan tinggi,” kata Wens yang juga Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse (KLY).
Ketua Panitia IDC 2020, Anthony Wonsono mengatakan, meski menghadapi pandemi Covid-19, ekosistem digital terus bertumbuh. Untuk perkembangan ekonomi digital di Tanah Air dari waktu ke waktu.
“Sejumlah sektor juga melakukan transformasi dan inovasi yang beragam. Dalam sesi ini, pembicara akan membagikan wawasan dan pengalaman terkait inovasi yang sudah dilakukan di industrinya masing-masing,” kata Anthony yang juga Direktur Berita Satu Holdings.
Sejumlah BUMN dan korporasi akan berbagai pengalaman dan perubahan model bisnis yang diusung dalam transformasi digital.
Selain itu, IDC tahun ini akan menghadirkan inisiatif digitalisasi yang telah dilakukan sejumlah kepala daerah dalam mempromosikan dan memperkuat daya saing daerah.
“Inovasi-inovasi tersebut dilakukan antara lain melalui efisiensi birokrasi, promosi potensi daerah, hingga pemanfaatan teknologi tepat guna untuk sentra-sentra produksi, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujarnya.
Sebagai organisasi perusahaan pers yang bergerak dalam digitalisasi media, AMSI menghadirkan sejumlah pemimpin media untuk berbagi pengalaman untuk menjaga keberlanjutan media.
IDC merupakan acara tahunan AMSI. Kegiatan ini sebagai wadah berkumpulnya para pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, pelaku usaha, dan profesional untuk memotret perkembangan terkini dan masa depan Indonesia dari lensa digital.
Indonesian Digital Conference 2020 yang digelar AMSI kali ini mendapat dukungan sponsor dari Telkomsel, Bank BNI 46, PLN, BTN, Bank Mandiri, Astra, Gojek, Pertamina dan Astra Honda Motor.(HS)