in

Trend Meningkat, KAI Daop 4 Semarang Layani Satu Juta Penumpang pada November 2024

Para penumpang kereta api di KAI Daop 4 Semarang, baru-baru ini.

HALO SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mencatat pelayanan penumpang selama bulan November 2024. Sebanyak 1.005.184 penumpang terlayani di berbagai stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

Angka ini meningkat satu persen dibandingkan dengan bulan Oktober 2024 yang mencatat ada 995.439 penumpang. Sedangkan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023, terjadi kenaikan 1,6 persen dari 989.235 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, dari jumlah total tersebut, penumpang yang berangkat sebanyak 498.328, sementara penumpang yang tiba mencapai 506.856.

Adapun puncak keberangkatan terjadi pada Minggu (10/11), dengan jumlah 25.217 penumpang, diikuti Minggu (3/11) dengan 24.225 penumpang, dan Minggu, (17/11) dengan 21.600 penumpang.

“Sementara itu, jumlah kedatangan tertinggi terjadi pada Sabtu, (2 /11/2024), dengan 21.597 penumpang, disusul Sabtu, (9/11) dengan 21.241 penumpang, dan Minggu, (10/11) dengan 20.562 penumpang,” paparnya, Rabu (11/12/2024).

Stasiun Semarang Poncol, kata Franoto, menjadi stasiun dengan jumlah penumpang naik tertinggi, mencapai 140.526 penumpang.

“Lalu menyusul Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dengan 137.491 penumpang, diikuti Stasiun Tegal 69.347, Stasiun Pekalongan 48.800, Stasiun Pemalang 23.225, Stasiun Cepu 21.812, dan Stasiun Ngrombo 21.385 penumpang,” katanya.

Kemudian, untuk kedatangan, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng yang tertinggi dengan 141.553 penumpang, diikuti Stasiun Semarang Poncol 137.779, Stasiun Tegal 74.334, Stasiun Pekalongan 48.918, Stasiun Pemalang 23.684, serta Stasiun Cepu 22.439 penumpang.

Pihak KAI memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan mereka kepada kereta api.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan kereta api. Peningkatan jumlah penumpang ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan, baik dari sisi sarana kereta, fasilitas di stasiun, maupun pelayanan secara keseluruhan,” ujarnya.

KAI berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan guna memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi para pelanggan.

“Kami akan terus meningkatkan pelayanan kereta api jarak jauh dan kereta lokal agar tetap menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Dukungan dan kepercayaan pelanggan adalah semangat kami untuk terus berbenah dan memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

Dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang terus menunjukkan tren positif, KAI berkomitmen dapat memberikan kontribusi lebih dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pembangunan daerah melalui layanan transportasi yang andal dan berkelanjutan. (HS-06)

Bank Jateng Raih Penghargaan TOP DIGITAL #Stars 4 di Ajang TOP DIGITAL Awards 2024

Apel Kasatwil di Akpol, Kapolri Ungkap Ratusan Judol dan Selamatkan 10 Juta Jiwa dari Narkoba