in

Pemerintah Kota Tegal Gandeng Grab untuk Wujudkan Visi Smart City

Kerja sama antara Pemerintah Kota Tegal dengan Grab ditandai dengan pencatatan Rekor MURI untuk Pengantaran Dokumen Kependudukan dan Pengantar (GrabExpress) ke pemohon terbanyak se-Indonesia, Senin (21/10/2019).

HALO SEMARANG – Grab dan Pemerintah Kota Tegal menjalin kerja sama untuk mendukung visi smart city melalui program Jakwir Cetem (Aja Kosih Wara Wiri, Cepat dan Tepat Melayani) yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam hal pengantaran dokumen kependudukan. Diharapkan melalui kerja sama ini Kota Tegal akan didukung oleh armada GrabExpress untuk mempermudah pengantaran dokumen kependudukan dari Disdukcapil Kota Tegal kepada masyarakat yang membutuhkan, sekaligus meningkatkan efisiensi perangkat kerja di Pemkot Tegal.

Bertempat di Pendopo Balai Kota Tegal, peresmian kerja sama ini ditandai dengan pencatatan Rekor MURI untuk kategori Pengantaran Dokumen Kependudukan dan Pengantar (GrabExpress) ke pemohon terbanyak se-Indonesia, Senin (21/10/2019).

Rekor ini dicapai dengan pengiriman dokumen kependudukan terbanyak dalam satu waktu oleh 10 admin Disdukcapil Kota Tegal, melalui akun web portal Jakwir Cetem. Dokumen tersebut langsung diterima oleh 476 mitra pengemudi GrabExpress untuk selanjutnya mengantarkan dokumen ke masyarakat yang membutuhkan.

Pencatatan rekor MURI dilakukan di hadapan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Executive Director Grab Indonesia, Ongki Kurniawan, dan Direktur PIAK, Akhmad Sudirman Tavipiyono.
Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, dalam sambutannya menyampaikan, saat ini teknologi memiliki perananan penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Kita sudah melihat bukti bagaimana dampak positif dari inovasi teknologi di Indonesia melalui berbagai layanan yang disediakan oleh Grab. Melalui kerja sama ini saya harap inovasi teknologi yang sedang kami kembangkan melalui Jakwir Cetem dapat didukung oleh keunggulan teknologi Grab bersama armada GrabExpressnya, untuk membantu kami melayani masyarakat Kota Tegal, meningkatkan efisiensi perangkat kerja, sekaligus selangkah lebih dekat mewujudkan visi smart city kami,” katanya.

Executive Director Grab Indonesia, Ongki Kurniawan menambahkan, sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, Grab sangat berterima kasih atas kesediaan Pemkot Tegal bersama Disdukcapil untuk berkolaborasi dalam peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat melalui inovasi teknologi.

“Dukungan ini sejalan dengan misi Grab for Good yang kami umumkan beberapa waktu lalu, untuk dapat memberikan dampak yang positif dari teknologi yang kami miliki. Tentunya melalui peningkatan infrastruktur digital di Indonesia. Saya berharap manfaat dari kerja sama ini dapat dirasakan oleh masyarakat dan menjadi titik awal untuk kerja sama di bidang lainnya,” jelasnya.

Dikatakan, kerja sama strategis dan kolaborasi dengan pemerintah terus menjadi fokus dan komitmen dari Grab di Indonesia yang saat ini telah melayani 224 kota dari Sabang sampai Merauke. Baik kerja sama dengan pemerintah pusat, kementerian hingga pemerintahan provinsi dan kota terus dijalin hingga saat ini.

“Grab akan terus memberikan inovasi untuk memenuhi kebutuhan yang dapat memberikan dampak sosial bagi Indonesia. Berdasarkan Laporan Dampak Sosial Grab, diestimasikan bahwa Grab telah berkontribusi sebesar US$ 5,8 miliar atau lebih dari IDR 81,5 triliun terhadap perekonomian Asia Tenggara dalam 12 bulan terakhir (hingga Maret 2019),” katanya.(HS)

Ingin Ulang Sukses di Lamongan, PSIS Incar Tiga Poin di Kandang Barito

Kunjungan Wisata Jateng Didominasi Wisatawan Tiongkok dan Eropa, Disporapar Mulai Bidik Segmen Timur Tengah