HALO SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik melalui lima Klinik Mediska yang tersebar di wilayah Daop 4 Semarang. Kelima Klinik Mediska ini, berlokasi di Semarang, Pekalongan, Tegal, Ngrombo dan Cepu, berperan penting dalam menjaga kesehatan pegawai PT KAI, keluarga, serta masyarakat umum.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, Klinik Mediska tidak hanya berfungsi sebagai pusat layanan kesehatan bagi pegawai, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum. Dengan tenaga kesehatan yang kompeten dan fasilitas yang lengkap, Klinik Mediska diharapkan dapat menjadi layanan kesehatan tingkat pertama pilihan utama masyarakat di wilayahnya.
“KAI terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, baik bagi pegawai PT KAI maupun masyarakat luas. Klinik Mediska hadir untuk memberikan layanan yang profesional dan cepat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan kesehatan secara komprehensif,” ungkap Franoto, Jumat (25/10/2024).
Klinik Mediska Semarang, yang beralamat di Jalan Imam Bonjol Nomor 103 Semarang, bersama dengan Klinik Mediska di Pekalongan dengan alamat di Jalan Merdeka nomor 15A Pekalongan, Klinik Mediska Tegal dengan alamat di Jalan Kolonel Sudiarto nomor 3 Tegal, Klinik Mediska Ngrombo dengan alamat di Dusun Depok Utara Rt 9 Rw 1 Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, dan Klinik Mediska Cepu dengan alamat di Jalan Diponegoro nomor 87 Cepu, Kabupaten Blora, menyediakan berbagai layanan kesehatan. Diantaranya meliputi pelayanan rawat jalan tingkat pertama untuk pasien umum, pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan, pelayanan kesehatan khusus bagi pegawai dan keluarga pegawai PT KAI, serta pelayanan Kesehatan Kerja, yang mendukung kesehatan dan keselamatan.
Selain fasilitas standar kesehatan, kata Franoto, Klinik Mediska dilengkapi dengan sarana penunjang seperti administrasi yang terintegrasi, alat medis modern, dan teknologi informasi untuk mempercepat proses pelayanan. Ruang tunggu yang nyaman, layanan rujukan, hingga pengelolaan bahan berbahaya diatur sesuai dengan standar operasional yang berlaku, demi kenyamanan dan keselamatan pasien
Sepanjang tahun 2024, Klinik Mediska di Daop 4 Semarang telah melayani 23.020 kunjungan. Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa kasus umum yang ditangani, seperti batuk dan pilek sebanyak 5.092 kasus, saluran pencernaan 3.742 kasus. Lalu, maag/lambung 2.632 kasus, nyeri otot 2.606 kasus, demam 1.772 kasus, sakit kepala 1.363 kasus, darah tinggi 1.094 kasus, dan lain sebagainya.
Statistik ini menunjukkan peran penting Klinik Mediska dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Selain itu, layanan kesehatan kerja di klinik-klinik ini juga membantu menjaga produktivitas pegawai PT KAI.
Sedangkan untuk jam pelayanan, Kik Mediska melayani pasien dengan jadwal: Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00 WIB- 16.00 WIB, dan Jumat sampai dengan Sabtu pukul 08.00 WIB- 15.00 WIB. “Dengan jam layanan yang fleksibel dan tenaga kesehatan yang berpengalaman, Klinik Mediska terus berkomitmen memberikan layanan kesehatan yang prima, baik bagi pegawai maupun masyarakat,” jelas Franoto.
Klinik Mediska juga berperan aktif dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, seperti program BPJS Kesehatan. Dengan menyediakan layanan bagi peserta BPJS, Klinik Mediska membantu masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas pelayanan.
“Melalui sinergi dengan program BPJS Kesehatan, kami berharap masyarakat lebih mudah mendapatkan akses layanan medis. Kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan agar masyarakat merasa nyaman dan percaya dengan layanan yang kami sediakan,” imbuh Franoto.
“Dengan fasilitas kesehatan yang lengkap dan didukung oleh tenaga medis profesional, Klinik Mediska siap menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan berkualitas di wilayah Daop 4 Semarang khususnya di Semarang, Pekalongan, Tegal, Grobogan maupun Blora,”pungkas Franoto. (HS-06)