in

Ungkapan Duka Cita Mengalir untuk Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo (Foto : Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Berita duka datang keluarga besar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (01/07).

Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni. Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut. “Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Rini di Jakarta.

Ucapan duka cita pun mengalir dari berbagai tokoh. Salah satunya dari politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko.

“Inalillahi wa’inailaihi roji’un, mas @tjahjo_kumolo…Turut berdukacita sangat. Moga2 husnul khotimah. Patriot sejati, banteng sejati dan Insya Allah wafat dalam keadaan iman & Islam,” cuit melalui akun Twitternya, @budimandjatmiko.

Ungkapan senada disampaikan Mahfud MD, melalui akun Twitter @mohmahfudmd.

“Saya sedang di atas helikopter bersama Jaksa Agung Bpk Burhanuddin (dari Bandung menuju Jakarta), ketika mendapat kabar melalui WhatsApp bahwa Pak Tjahjo Kumolo wafat. Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Saya bersaksi bahwa Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga-Nya,” kata Mahfud.

Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat, mengonfirmasi sejak dua pekan sebelumnya, Tjahjo dirawat intensif di rumah sakit.

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo SH (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957), adalah seorang politikus Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja. Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo dipilih oleh Megawati Soekarnoputri, sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015, yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Dia mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB. (HS-08)

KPPU RI Gandeng Jateng Sinergi Pencegahan dan Penegakan Hukum Persaingan Usaha

DPR Sahkan Tiga Daerah Otonomi Baru di Bumi Cendrawasih, Polri Berencana Bentuk Polda Baru