HALO SEMARANG — Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan pemasaran ke para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Jomblang, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan modernisasi penjualan agar usaha UMKM ini bisa naik kelas.
Mahasiswa semester 6 ini menekankan pentingnya strategi penjualan produk agar semakin dikenal oleh calon konsumen. Tak hanya barangnya saja yang berkualitas, tetapi faktor-faktor pendukung lainnya khususnya memasarkan produk juga harus tepat sasaran.
Dalam kegiatan ini, para mahasiswa tak hanya memberikan strategi terkait penjualan namun juga produk yang dipasarkan harus memiliki kesan yang berarti untuk calon konsumen. Mahasiswa ini pun kemudian memberikan pelatihan foto produk yang dimiliki para pelaku UMKM ini.
“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam menghasilkan foto produk yang lebih menarik, profesional, dan layak publikasi di platform digital. Dengan semakin sengitnya persaingan promosi di media sosial, kualitas visual menjadi salah satu penentu keberhasilan pemasaran produk,” ujar Wakil Ketua Pelaksana Kegiatan Foto Produk dari Mahasiswa Ilkom USM, Nadya Kusumaningtyas dalam keterangannya, Jumat (28/11/2025).
Nadya mengatakan jika kegiatan ini juga untuk membantu pelaku UMKM agar lebih memahami dasar-dasar visual branding dan teknik foto produk yang bisa mereka terapkan sendiri di rumah meskipun dengan peralatan sederhana.
Mereka memberikan teknik dasar-dasar foto produk seperti komposisi foto, pencahayaan yang sesuai dan editing foto produk. Selain menyiapkan foto untuk dipasarkan, pihaknya juga mengajarkan para pelaku UMKM untuk membuat konten sekreatif mungkin agar lapaknya bisa dikenal oleh pelanggan.
“Kita juga berikan tips membuat konten foto yang efektif untuk sosial media. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk praktik langsung memotret produk mereka dengan pendampingan instruktur,” jelasnya.
Dia menegaskan pihaknya akan terus berkomitmen untuk menghadirkan program pemberdayaan masyarakat, khususnya berkaitan dengan literasi digital dan komunikasi pemasaran.
“Harapannya, pelatihan ini dapat menjadi langkah kecil yang memberi dampak besar bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas promosi dan memperluas jangkauan pelanggan,” terangnya
Sementara itu, salah pelaku UMKM yang menjadi peserta, Laila mengucapkan apresiasi kepada para mahasiswa karena telah membagikan ilmu pemasaran untuk kemajuan UMKM. Menurutnya, kegiatan seperti ini akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dia berharap, kegiatan serupa terus dilakukan agar para pelaku UMKM bisa naik kelas.
“Jadi saya lebih mengetahui seperti apa foto produk yang bagus, pencahayaan yang tepat itu bagaimana, dan bagaimana membuat promosi di media sosial jadi lebih bagus,” imbuhnya. (HS-06)


