in

Samsat Kendal Permudah Korban Banjir Patebon Urus Surat Kendaraan Bermotor yang Rusak atau Hilang

Loket khusus korban bencana banjir di kantor Samsat Kendal

HALO KENDAL – Guna mempermudah pelayanan surat berharga bagi masyarakat korban banjir bandang di Kecamatan Patebon, Polres Kendal membuka Loket Pelayanan Khusus Korban Banjir, di Kantor Samsat Kendal sejak Rabu (12/2/2025).

Loket khusus ini bertujuan membantu memudahkan masyarakat yang kehilangan surat-surat kendaraan bermotor seperti STNK dan BPKB atau surat-suratnya masih ada tapi rusak akibat banjir.

Kanit Samsat Kendal, Ipda Panut mengatakan, loket khusus dibuka untuk warga korban banjir terutama warga Desa Lanji dan Kebonharjo Kecamatan Patehbon, yang terdampak banjir bandang beberapa waktu lalu.

“Jadi warga Lanji dan Kebonharjo akan kita layani di loket khusus, silahkan tidak perlu antri di loket yang lain. Untuk prosesnya kita bantu permudah berbagai persyaratan dan pengurusannya, supaya lebih meringankan,” terangnya, Jumat (14/2/2025).

Ipda Panut menambahkan, loket khusus akan beroperasi di Samsat Kendal selama masa pemulihan pasca-banjir.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, supaya segera melaporkan kehilangan atau kerusakan dokumen kendaraan mereka ke loket khusus ini, untuk mendapatkan penggantian yang diperlukan,” imbuhnya.

Terpisah, Pj Sekda Kendal, Agus Dwi Lestari mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, untuk penanganan masalah surat-surat berharga yang rusak atau hilang saat banjir bandang beberapa waktu lalu.

“Transisi pemulihan bencana, pemerintah menginisiasi untuk berkoordinasi kepada stakeholder dan instansi, baik itu pemerintah daerah maupun vertikal, untuk membantu masyarakat korban bencana terhadap kerusakan atau kehilangan dokumen,” ujarnya, Jumat (14/2/2025).

Nantinya, lanjut Agus Dwi, pihaknya akan membuat surat kepada camat dan kepala desa untuk masyarakat yang kehilangan dokumen atau surat berharga.

“Misal, kartu keluarga, KTP, akta kelahiran, kartu nikah, ijazah dan lain-lain itu syaratnya apa saja, ngurusnya gimana. Itu kemarin sudah kita rapatkan. Termasuk di dalamnya itu ada pengurusan STNK dan BPKB juga sudah kita rapatkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Engkos Sarkosi mengatakan, loket khusus di Samsat Kendal tersebut merupakan bentuk kepedulian kepolisian terhadap masyarakat yang terdampak banjir.

“Kami ingin memastikan masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Jadi silahkan, bagi warga yang terdampak banjir bisa memanfaatkan loket khusus di Samsat ini. Kami akan melayani dengan sepenuh hati,” ujarnya. (HS-06)

 

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Jumat (14/2/2025)

LPPL Boleh Pasang Iklan, yang Tolak 100 Persen Bisa Dianggap Melanggar UU