in

KIM Bewara Tambaksari Wadah Komunikasi Efektif

Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja. (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan sosialisasi dan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sherly Dyah Permanasari, menjelaskan KIM hadir sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat. Selain itu juga memperlancar distribusi dan arus informasi kepada masyarakat.

“KIM ini dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat secara khusus, sebagai layanan informasi, terhadap isu-isu pembangunan, sesuai kebutuhan,” kata Sherly.

KIM Desa Tambaksari, dibentuk dengan nama KIM Bewara Tambaksari. Kelompok ini diketuai oleh Wastoyo, dibantu wakil ketua Arsum, sekretaris Saripudin, bendahara Siti Nuriah.

Terdapat empat seksi dalam KIM Bewara Tambaksari, yaitu Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi, serta Seksi Pengembangan Ekonomi Produktif dengan penasihat Kepala Desa Tambaksari, Eko Widianto.

Kepala Desa Tambaksari, Eko Widianto, saat membuka acara menyampaikan terima kasih kepada Diskominfo Kabupaten Cilacap, yang telah mengagendakan acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM di desanya.

Meski letaknya di wilayah barat berupa pegunungan dan jauh dari pusat kota, namun Desa Tambaksari memiliki potensi yang cukup bagus dan tidak kalah dengan wilayah lain.

Pihaknya berharap, agar pengurus KIM dapat mempromosikan potensi-potensi desa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik potensi pertanian, ekonomi, budaya dan potensi alam yang saat ini sedang merintis desa Wisata.

“Saya yakin dengan terbentuknya KIM ini akan sangat bermanfaat untuk kita. Terlebih dalam era teknologi saat ini yang serba digital, informasi sangat cepat menyebar di masyarakat. Kita dituntut untuk mampu menyaring informasi-informasi tersebut, sehingga yang disebarluaskan adalah informasi yang benar adanya,” kata Eko, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.  (HS-08)

Share This

Pemkab Banjarnegara Targetkan Penurunan Kemiskinan 14 Persen pada 2022

Demak Zona Merah, Forkopimda Serukan Perketat Protokol Kesehatan dan Semprotkan Disinfiktan