in

BP Haji Pastikan Kesiapan Layanan di Saudi

Waka BP Haji tinjau layanan jemaah di Saudi. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji (BP Haji), Dahnil Anzar Simanjuntak, memastikan kesiapan layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi.

Hal ini ditegaslan setelah meninjau hotel, dapur, dan kantor layanan kesehatan di Makkah.

Peninjauan dilakukan sebagai bentuk dukungan BP Haji, dalam operasional ibadah haji 1446 H/2025 M.

Dahnil Anzar Simanjuntak memantau kesiapan akomodasi hotel, layanan konsumsi, hingga fasilitas kesehatan.

Ikut mendampingi Kepala Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia di Arab Saudi, Nasrullah Jasam, serta pejabat BP Haji.

“Hari ini saya berada di daerah Syisyah untuk melakukan pengecekan akomodasi hotel bagi jemaah Indonesia, tepatnya di Emaar Al Diyafa Hotel. Di hotel ini akan menampung sekitar 2.500 haji Indonesia selama berada di Mekkah,” kata Dahnil, di Makkah, belum lama ini seperti dirilis kemenag.go.id.

Dia mengatakan secara keseluruhan, di Mekkah disediakan 204 hotel untuk jemaah, dan di Madinah sekitar 90 hotel.

“Kami pastikan seluruh hotel tersebut dalam kondisi siap melayani jemaah,” sambungnya.

Selain Emaar Al Diyafa, Dahnil juga mengunjungi Rabieh Hijazi Hotel yang akan menjadi tempat bermukim sekitar 380 orang, yakni satu kelompok terbang atau Kloter.

Kawasan Syisyah sendiri dipastikan menjadi salah satu area akomodasi utama bagi jemaah haji Indonesia sepanjang musim haji.

Setelah meninjau akomodasi, Dahnil Anzar Simanjuntak berkunjung ke Kitchen Bin Marta di kawasan Jabal Nur, Mekkah.

Dapur ini menjadi salah satu penyedia yang akan melayani kebutuhan konsumsi bagi jemaah selama di Mekkah.

Dahnil mengecek kesiapan fasilitas dan kualitas dapur untuk memastikan layanan konsumsi yang akan diberikan kepada jemaah Indonesia.

Kunjungan kerja ini diakhiri dengan peninjauan ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di wilayah Aziziyah Selatan, Mekkah.

KKHI akan menjadi pusat layanan kesehatan bagi jemaah Indonesia selama berada di Mekkah.

Dahnil memastikan kesiapan sarana dan prasarana layanan kesehatan agar mampu memberikan pelayanan terbaik untuk para tamu Allah.

“Kami ingin memastikan seluruh layanan, mulai dari akomodasi, konsumsi, hingga kesehatan, sudah siap dengan kualitas terbaik demi kelancaran dan kenyamanan jemaah haji Indonesia,” kata Dahnil. (HS-08)

Pesan Menag di Dharmasanti Nasional, Pererat Hubungan Sosial dan Lingkungan

Ikuti Pertemuan Forum Hadis Kerajaan Saudi, Menag RI Sampaikan Keinginan Bangun Museum Haji