Tingkatkan Kemampuan Anggota, PMKM Prima Indonesia Kota Semarang Bekal Gelar Pelatihan

Punakawan menghibur para tamu di Soto Ayam “Bangkong” Jalan Pemuda Semarang. (Foto : Dok Halo Semarang)

 

HALO SEMARANG – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kota Semarang Pengusaha Mikro Kecil Menengah (PMKM) Prima Indonesia, tahun ini berencana menggelar beragam kegiatan, termasuk sejumlah pelatihan untuk meningkatkan kemampuan anggota.

Hal itu disampaikan Ketua PMKM Prima Indonesia Cabang Kota Semarang, Teguh Supriyanto, di sela-sela perayaan HUT pertama organisasi tersebut, di Rumah Makan Soto Ayam “Bangkong” Jalan Pemuda Semarang, Sabtu (10/4) malam.

Perayaan HUT PMKM Prima Indonesia Kota Semarang, yang digelar bersamaan dengan acara menyambut Ramadan oleh Soto Ayam “Bangkong” Jl Pemuda itu, dilaksanakan secara sederhana, didahului rapat pengurus.

Dalam acara itu, para hadirin juga dihibur oleh Punakawan, yang menampilkan humor-humor segar dan mengundang gelak tawa.

Lanjut Teguh, UMKM merupakan salah satu sektor yang ikut terdampak pandemi Covid-19. Banyak dari pelaku UMKM yang usahanya terhambat.

Karena itu wadah para pelaku UMKM, salah satunya adalah PMKM Prima Indonesia, harus berusaha keras membantu anggotanya untuk bangkit.

Upaya awal yang sudah dilakukan, adalah mendorong dan mengupayakan agar seluruh anggota memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), yang tercatat di Pemerintah Pusat.

PMKM Prima Indonesia Kota Semarang, juga akan mengadakan sejumlah pelatihan pada Mei 2021. Rencananya, pelatihan tersebut antara lain berupa pembuatan produk kuliner, manajemen UMKM, dan pengemasan produk.

Untuk membantu permodalan anggota, PMKM Prima Indonesia juga berupaya menjalin kerja sama dengan pihak perbankan.

Sementara itu, Pembina PMKM Prima Indonesia Kota Semarang, Titik Sumiharti, yang juga generasi kedua pemilik Soto Bangkong Semarang, mengatakan tertarik pada organisasi ini, karena memiliki visi dan misi bekerja keras memajukan UMKM Indonesia.

Semangat bekerja keras ini pula yang dia warisi dari ayahya, H Soleh  Sukarno, pendiri dan pemilik restoran Soto Ayam Bangkong pusat di Semarang.

Berkat kerja keras tersebut, restoran Soto Bangkong bukan hanya dikenal luas, tetapi juga telah menjadi bagian dari legenda kuliner Nusantara. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.