in

Survei LSI: Prabowo-Gibran Menang di Jatim, Elektabilitas Capai 46,7%

Pasangan Capres Cawapres No Urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto : Istemewa)

 

HALO SEMARANG – Elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur, berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebesar 46,7%.

Dengan perolehan suara itu, Prabowo-Gibran mengungguli dua paslon lainnya yaitu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhamimin Iskandar (Cak Imin) serta paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang masing-masing memperoleh persentase sebanyak 16,2% dan 26,6% suara.

Hal itu terungkap dari hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) bertajuk “Peta Terkini Kompetisi Pemilu 2024 di Jawa Timur” yang dirilis secara virtual pada Jumat (5/1).

“Prabowo Subianto-Gibran berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden diadakan pada saat survei dilakukan, yaitu di angka 46,7%. Kemudian disusul dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 26,6%, dan pasangan Anies-Muhaimin Iskandar di angka 16,2%,” jelas Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Dengan hasil survei tersebut, Djayadi mengungkap potensi adanya putaran kedua dalam Pilpres 2024. Jika lanjut ke putaran kedua, kata Djayadi, dua paslon yang akan bersaing adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud MD.

“Karena posisi Anies berada di angka 16,2%,” sambung Djayadi.

Lembaga Survei Indonesia melakukan survei ini pada periode 16 sampai 28 Desember 2023 dengan total sampel sebanyak 8.800 responden di Provinsi Jawa Timur. Ribuan responden tersebut diperoleh melalui teknik _multistage random sampling_ dengan _margin of error_ sebesar +/- 1,1% dan tingkat kepercayaan di angka 95%. (HS-08)

Kapolri Resmikan Sumur Bor di Gunungkidul, Masyarakat Kini Tak Lagi Kesulitan

LSI Sebut Pemilih Jatim yang Puas dengan Kinerja Jokowi Lebih Banyak Dukung Prabowo-Gibran