in

Rektor IPDN Apresiasi 200 Praja Peserta Latsitardanus

Prof Dr Hadi Prabowo (keempat dari kanan) dalam penutupan Latsitardanus 2024 di Lapangan Merdeka 2 Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (5/6/2024).

HALO SEMARANG – Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kemendagri resmi mengakhiri tugas mereka dalam kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Ke-44 tahun 2024.

Upacara penutupan Latsitardanus dilaksanakan di Lapangan Merdeka 2 Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (5/6/2024) dengan dipimpin langsung oleh Danjen Akademi TNI Letjen TNI Rudianto, SM, CSFA dan Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs Purwadi Arianto, MSi sebagai Inspektur Upacara.

Rektor IPDN Prof Dr Drs Hadi Prabowo, MM yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 200 orang praja IPDN dan seluruh peserta lain yang telah menunjukkan semangat juang yang tinggi, dalam mengimplementasikan seluruh ilmu dan teori yang dimiliki untuk membaktikan diri di dalam masyarakat Kaltim.

’’Kegiatan ini sudah terlaksana kurang lebih satu bulan, di mana di dalamnya diisi dengan beberapa kegiatan sasaran fisik dan non-fisik serta melakukan bakti sosial dan masih banyak lagi,’’ tutur Hadi.

Masih menurut dia, selama menjalankan kegiatan ini praja IPDN terbagi ke dalam empat satuan latihan yang tersebar di empat Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

’’Mereka di sana terjun langsung ke lapangan, membantu memperbaiki sarana dan prasarana seperti memperbaiki jalan, rumah tidak layak huni, tempat ibadah, pembangunan rumah singgah, membersihkan saluran air, membersihkan sungai, pipanisasi, semenisasi, membuat gorong-gorong, sumur bor, pembuatan tugu latsitarda, memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah terkait narkoba, kesehatan juga promosi terkait lembaga pendidikan tempat mereka bernaung serta melakukan riset sosial,’’ jelasnya.

Seperti diketahui, selain praja IPDN, kegiatan ini juga melibatkan taruna Akmil 417 orang, taruna AAL 126 orang, taruna AAU 111 orang, taruna Akpol 247 orang, taruna Poltek SSN 95 orang dan cadet Universitas Pertahanan (Unhan) 192 orang, sehingga total peserta yang mengikuti Latsitardanus berjumlah 1.388 orang.

Panglima TNI yang diwakili Danjen Akademi TNI memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta atas dedikasi, disiplin, dan kepatuhan yang telah ditunjukkan selama pelaksanaan latihan.

’’Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan gotong royong dan sinergitas dalam rangka membangun NKRI. Sinergitas ini diharapkan dapat terus terjalin dan menjadi bekal berharga saat bertugas nanti,’’ ungkap Rudianto.

Hal serupa disampaikan oleh Kapolri yang diwakili Kalemdiklat Polri. Dia menyatakan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar atas kerja sama dan dukungan semua pihak yang terlibat.

’’Semoga kegiatan ini menjadi wujud nyata pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para peserta Latsitardanus, keberadaan para peserta diharapkan mampu membangun interaksi hangat dengan lingkungan dan masyarakat. Dengan harapan, interaksi ini dapat mengenalkan adat istiadat, budaya dan kearifan lokal kepada para peserta sehingga memunculkan rasa cinta tanah air,’’ ujar Purwadi.

Sementara Pj Gubernur Kaltim Prof Dr Drs Akmal Malik, MSi beserta jajaran mewakili seluruh masyarakat Kaltim mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh peserta Latsitardanus tahun ini.

’’Kami masyarakat Kaltim merasa sangat terbantu dengan kehadiran para praja dan taruna/taruni di lingkungan kami. Mereka membantu memperbaiki fasilitas umum dan yang paling utama masyarakat terutama siswa/siswi pelajar menjadi termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan,’’ tegas Akmal.(HS)

Dugaan Praktik Jual-Beli Seragam di Sekolah Negeri Kendal Masih Terjadi

Danur Rispriyanto Ditunjuk jadi Manajer Tim Futsal Siwo PWI Jateng