Peduli Lingkungan, Pemkab Kendal Canangkan Penanaman Sejuta Pohon di Sukorejo

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto secara simbolis melaksanakan penanaman sejuta pohon di Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo, Sabtu (13/3/2021).

 

HALO KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto memberikan apresiasi tinggi kepada pihak yang telah peduli kepada lingkungan, saat menghadiri penanaman sejuta pohon di Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo, Sabtu (13/3/2021).

Sebanyak 2.200 bibit pohon telah tertanam, dengan simbolis pertama dilakukan langsung oleh Bupati Kendal. Bibit pohon jenis alpukat ini diterima dari Lazismu Kabupaten Kendal dan beberapa donatur peduli lingkungan yang ada di Kendal seperti KPH (Kendal Petani Handal), KAHMI Kendal, BMT Bismillah, Alumni PGA.

“Saya pribadi sekaligus perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Kendal, pasti mendukung program yang sangat baik ini. Saya upayakan, pemerintah juga akan membantu dengan mensukseskan program penanaman sejuta pohon,” ungkap Dico.

Dikatakan, jika Kabupaten Kendal yang memiliki daerah geografis perbukitan, menjadi hal yang patut menjadi perhatian.

“Mengingat apabila masuk pada musim hujan, bencana longsor menjadi hal yang perlu diperhatikan terutama daerah atas ini,” jelas Dico.

Sementara terkait pemilihan bibit pohon berupa tanaman alpokat jenis Pluang, menurutnya merupakan pilihan terbaik.

“Bibit alpokat yang menjadi pilihan untuk penanaman ini sangat baik, selain manfaat untuk mengikat air juga hasil buahnya memiliki nilai jual yang tidak murah,” imbuh Dico.

Di sisi lain Setiono Selaku ketua panitia dan juga motor kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini sebagai wujud keprihatinan terhadap rusaknya lahan pegunungan di lereng Gunung Prau, yang mengakibatkan berbagai bencana silih berganti.

“Kami bergerak bersama dalam rangka wakaf berupa menanam bibit alpukat, sebagai upaya pencegahan. Pohon alpukat jenis Pluang yang kami tanam memiliki akar yang lebih kuat, tujuannya untuk menahan erosi tanah,” jelas Setiono.

Gerakan Sejuta Pohon yang dilaksanakan di lereng Gunung Prau ini merupakan Kolabarasi KAHMI, BMT Bismillah, LazisMU, KPH dan lembaga lain yang peduli dengan kondisi lingkungan.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.