in

Kodim 0715/Kendal dan Dinsos Bantu Korban Banjir Sojomerto

Anggota Koramil 06/Gemuh bersama warga membersihkan sisa-sisa banjir

HALO KENDAL – Banjir yang melanda Dukuh Karanggantung Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, pada Sabtu (5/3), membuat warga di sekitar Sungai Blukar terdampak cukup parah. Sampai saat ini warga masih was-was jika terjadi banjir susulan.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga korban banjir, Kodim 0715/Kendal melalui Koramil 06/Gemuh bersama Dinas Sosial Kabupaten Kendal dan relawan Destana pun melaksanakan karya bhakti, pada Minggu (6/3/2022).

Komandan Koramil 06/Gemuh Lettu Kav Nurwanto mengatakan, setelah mendapat laporan dari babinsa, pihaknya langsung berkoordinasi dengan aparat terkait untuk kemudian melaksanakan karya bhakti membantu para korban banjir.

“Tindakan pertama yang dilakukan adalah mengamankan barang milik warga yang masih bisa diselamatkan,” ungkapnya mewakili Dandim 0715/Kendal.

Kemudian, lanjut Nurwanto, anggotanya bersama masyarakat mengecek aliran Sungai Blukar dan membuat tanggul sementara untuk mengantisipasi banjir susulan.

“Bersama masyarakat setempat, kami membuat tanggul darurat, demi keamanan dan mengantisipasi apabila banjir kembali datang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ria, perwakilan dari Dinsos Kabupaten Kendal mengatakan, setelah mendapat informasi, dinas sosial segera menyiapkan bantuan untuk mengurangi beban para korban bencana banjir tersebut.

Dirinya juga menyampaikan, berbagai bantuan yang disalurkan semoga dapat meringankan beban warga masyarakat yang terdampak musibah banjir, karena itu diharapkan warga tidak melihat besar kecilnya bantuan.

“Bantuan yang kami siapkan berupa 10 paket sembako, kasur lapangan 22 buah, matras lapangan 22 buah, makanan anak 48 paket, kidware 10 paket, dan makanan siap saji sebanyak 30 paket,” papar Ria.

Salah seorang warga, Ngarmo yang terdampak bencana banjir mengaku, kehadiran pihak Koramil 06/Gemuh dan Dinsos Kabupaten Kendal sangat membantu para korban.

“Terima kasih Kodim Kendal, Koramil Gemuh dan Dinas Sosial Kendal serta para relawan yang sudah membantu kami. Bantuan yang disalurkan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ungkapnya.

Menurut Ngarmo, dirinya bersama warga Dukuh Karanggantung Desa Sojomerto lainnya yang terdampak banjir secara moril merasa diperhatikan, dan secara materil juga dapat bantuan makanan serta tempat istirahat sementara.

“Kami juga dibantu tenaga dalam membuat tanggul penahan dan pembersihan bekas banjir. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami,” ujarnya. (HS-06).

Wakil Ketua DPRD Jateng Sosialisasikan Perda Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba

Momen Kapolda Jateng Beri Surprise di Hari Ulang Tahun Pangdam IV Diponegoro