in

Kemenkes Ajak Fasyankes Daftar ke Platform Satusehat

Sumber : Kemenkes RI

 

HALO SEMARANG –  Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI bersama Digital Transformation Office (DTO), mengajak seluruh pengelola Faslitias Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), untuk segera melakukan pendaftaran ke platform Satusehat.

Pendaftaran ini sebagai langkah awal, upaya peningkatan jumlah Fasyankes, dalam pengiriman data ke platform Satusehat.

Menurut informasi yang disampaikan Kemenkes RI melalui sehatnegeriku.kemkes.go.id, Platform Satusehat merupakan ekosistem data kesehatan, yang menghubungkan dan memberdayakan seluruh ekosistem sistem kesehatan serta pengguna (masyarakat).

Satusehat akan mengintegrasikan data kesehatan individu antar fasyankes dalam bentuk Rekam Medis Elektronik (RME), guna mendukung interoptabilitas data kesehatan melalui digitalisasi dan standarisasi.

Saat ini, ada banyak data kesehatan berbasis digital dan kertas milik lebih dari 270 juta penduduk Indonesia, yang setiap harinya secara aktif mengakses layanan kesehatan.

Bahkan, di sektor pemerintahan tercatat lebih dari 400 aplikasi layanan kesehatan, yang dari segi tata kelola perlu dioptimalkan.

Langkah ini diperkuat dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis, yang berbunyi bahwa fasyankes wajib menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME), selambat-lambatnya 31 Desember 2023.

Menurut Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, sekaligus Chief DTO Kemenkes RI, Setiaji, terkait ketentuan ini, DTO Kemenkes telah menggelar Sosialisasi Pendaftaran Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Jumat (12/5/2023) lalu secara daring.

“Sosialisasi registrasi ini menjadi hulu dari pengoptimalan platform Satusehat, sehingga nantinya semua proses registrasi fasilitas layanan kesehatan dapat diakses dalam satu portal oleh Dinkes daerah terkait,” kata Setiaji.

Selanjutnya, Setiaji juga mengungkapkan bahwa tersedianya data secara realtime membuat masyarakat nantinya dapat secara langsung mengakses status registrasi serta keaktifan dari tiap-tiap Fasyankes yang akan dituju.

“Nantinya masyarakat juga dapat mengakses secara langsung status dari tiap-tiap Fasyankes. Apakah sudah terregistrasi atau belum, dan apakah masih aktif beroperasi atau tidak. Karena kita akan menyediakan data yang realtime,” ungkap Setiaji.

Hal ini bertujuan sebagai upaya akselerasi adopsi teknologi untuk pengumpulan data kesehatan serta memberikan kemudahan dalam penarikan dan pemanfaatan data yang akurat dan efisien.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkes RI Tiomaida Seviana menyampaikan pentingnya pengintegrasian data kesehatan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan tindakan medis akibat adanya perbedaan data kesehatan antar aplikasi.

“Harapannya seluruh pihak di bidang kesehatan dapat mengirimkan data kesehatan yang sama dari berbagai aplikasi ke dalam suatu sistem yakni Satusehat pada saat pasien perlu mengakses layanan kesehatan, sebab jika berbeda akan berbahaya,” kata Tiomaida.

Sistem Registrasi Puskesmas merupakan proses pendaftaran Puskesmas yang meliputi pengajuan dan pemberian kode Puskesmas melalui tautan https://regpus.kemkes.go.id dapat diakses dan didaftarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Kemudian, Registrasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) adalah sistem informasi pencatatan resmi fasilitas pelayanan kesehatan di Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan kode Fasyankes.

Aplikasi dan juknis registrasi masing-masing Fasyankes dapat diakses melalui https://registrasifasyankes.kemkes.go.id.

Dalam hal ini pengguna atau user yang terlibat yakni Fasyankes, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Kementerian Kesehatan.

Terkait proses validasi atas registrasi yang dilakukan oleh user/perorangan akan dilakukan oleh pihak dinkes kabupaten atau kota masing-masing wilayah.

Sedangkan registrasi fasyankes proses validasinya dilakukan oleh dinkes kabupaten atau kota, dinkes provinsi, dan Kemenkes sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Berkaitan dengan informasi dan petunjuk teknis selanjutnya, dapat diakses melalui laman https://link.kemkes.go.id/multi/Links/lists/SosialisasiPendaftaranFasyankes. (HS-08)

Razia Narkoba di Purworejo, Polisi Datangi Tempat Karaoke

Kejar Capaian Sertifikasi, BPJPH Gelar Penguatan Pendamping Halal di 300 Lokasi