Ikuti Kejuaraan Taekwondo Nomor Poomsae Internasional, Mahasiswa Udinus Sabet Tiga Medali

Talitha dan Anggara, dua mahasiswa Udinus yang baru saja meraih prestasi kejuaran taekwondo internasional.

 

HALO SEMARANG – Dua mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mampu meraih prestasi di kompetisi Bangladesh Taekwondo International Poomsae Live Championship. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom pada tanggal 3-4 Oktober 2020 lalu.

Dalam ajang tersebut mereka berhasil membawa pulang tiga medali emas sekaligus, setelah berhasil mengalahkan lawannya yang berasal dari Malaysia, Ukraina, Bangladesh, dan Nepal.

Tiga medali emas yang diraih yaitu dari kategori Poomsae Wanita Sabuk Hitam U24 oleh Talitha Laliba R dengan perolehan skor 7.336, Poomsae Pria Sabuk Hitam U24 oleh Anggara Wahyu R dengan perolehan skor 7.049, dan Poomsae Berpasangan Sabuk Hitam U30 dengan perolehan skor 7.116.

Persiapan yang dilakukan oleh Talitha dan Anggara juga tak main-main, mereka bahkan sudah melakukan latihan secara rutin selama berbulan-bulan di rumah, dengan pantauan langsung oleh sang pelatih.

“Persiapan yang dilakukan sudah sangat rutin, sekaligus melakukan pematangan teknik. Dalam program latihan dua atlet muda ini juga mengikuti lomba-lomba lain untuk mengasah kemampuan mereka,” ungkap pelatih UKM Taekwondo Udinus, Indra Darmawan.

Menurutnya, kendala yang dihadapi saat pertandingan ini karena terhalang oleh pandemi Covid-19. Karena acara dilakukan secara virtual, dan harus membutuhkan tempat untuk tampil.

Selain itu penyesuaian zona waktu dengan Bangladesh juga menjadi tantangan bagi anak asuhnya.

“Tantangannya ada di masalah zona waktu. Karena Bangladesh dan Indonesia memiliki selisih waktu sekitar 1 jam. Dari masalah itu, kami harus pintar-pintar dalam mensiasati itu,” ungkap Indra.

Bagi Talitha, kemenangan ini sangat berarti untuknya karena bisa mendapatkan medali emas setelah selesai rehabilitas paska operasi cedera lutut. Dalam pertandingan secara daring tak membuatnya grogi dan membantu dirinya untuk menunjukkan peforma terbaiknya.

“Meski pertandingan banyak daring, saya masih menyukai pertandingan secara offline karena dapat berkenalan dengan atlet lainnya. Ini kali ketiga pertandingan yang saya ikuti setelah cedera kemarin,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr Kusni Ingsih, MM mengaku bangga pada dua atlet UKM Taekwondo Udinus, yang mampu mengharumkan nama almamater di kancah internasional.

Menurutnya pandemi Covid-19 tak menghalangi mahasiswa Udinus untuk terus berprestasi.

“Saya bangga dengan capaian dari Anggara Wahyu R dan Talitha Laliba R yang mampu mengalahkan atlet dari banyak negara. Semoga hal ini mampu memotivasi seluruh atlet di Udinus,” tegasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.