in

Gelar Workshop Penguatan Petani Sawit di Semarang, Ditjen Perkebunan Jelaskan Pentingnya Budaya Merawat Kebun

Maksi dan BPDPKS gelar Workshop bertajuk "Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan untuk UKMK Petani Sawit Nasional” di Kota Semarang beberapa waktu lalu.

HALO SEMARANG – Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar Workshop bertajuk “Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan untuk UKMK Petani Sawit Nasional” di Kota Semarang, baru-baru ini.

Acara tersebut menjadi forum kolaborasi yang menghadirkan 100 peserta seperti ilmuwan, peneliti, akademisi, dan praktisi yang fokus pada pengembangan industri hulu dan hilir kelapa sawit di Indonesia.

Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma, Ditjen Perkebunan Kementan, Ardi Praptono mengatakan, pihaknya menyoroti percepatan program peremajaan sawit rakyat (PSR) serta sinergi program bantuan PSR dengan sarana prasarana, SDM, dan Sertifikasi ISPO. Dirinya juga menekankan pentingnya budaya yang baik dalam merawat kebun, sebagai kunci mencapai hasil produksi yang optimal bagi usaha kecil menengah dan koperasi (UKMK).

“Mengutamakan budaya yang baik dalam merawat kebun adalah kunci untuk petani menghasilkan produksi maksimal. Kemudian penguatan tata kelola perkebunan kelapa sawit rakyat menjadi fokus utama dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas,” ujarnya dalam keterangan yang diterima halosemarang.id, Minggu (12/11/2023).

“Tujuannya yakni menumbuhkan dan mengembangkan petani untuk mengubah pola pikir dan perilaku, dengan satu tujuan yang sama kebersamaan menuju peningkatan produksi dan produktivitas,” lanjutnya.

Ardi berkomitmen jika pihaknya akan terus memberikan wawasan luas terkait sektor kelapa sawit serta menginspirasi para petani dalam menerapkan praktik-praktik terbaik di lapangan. Diharapkan, kegiatan ini akan menjadi tonggak penting dalam menguatkan penerapan sarana, prasarana, dan budaya yang mendukung peningkatan produksi, produktivitas, dan kesejahteraan petani kelapa sawit di Indonesia.(HS)

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (12/11/2023)

Masyarakat Diminta Tak Ragukan Netralitas TNI dan Polri