in

DPRD Kota Semarang Mulai Bahas Alat Kelengkapan Dewan

Ketua Sementara DPRD Kota Semarang, Kadarlusman.

 

HALO SEMARANG – Setelah dilantik pada pertengahan Agustus 2019 lalu, DPRD Kota Semarang segera membentuk tata tertib (tatib) DPRD, dan alat kelengkapan dewan yang diharapkan rampung pekan ini. Saat ini pihak DPRD masih menunggu penetapan nama-nama anggota yang diajukan dari partai politik untuk mengisi dan melengkapi pembentukan fraksi.

Ketua Sementara DPRD Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, pihaknya beberapa hari yang lalu sudah berkirim surat ke semua partai politik untuk mengirimkan nama-nama anggota dewan yang ditugasi mengisi posisi alat kelengkapan dewan. Di antaranya seperti fraksi, komisi, dan lainnya.

Karena setelah itu, nama-nama itu baru bisa dimasukkan untuk membentuk fraksi.

“Dari partai yang ada, yang mendapatkan kursi kurang dari empat kursi, harus bergabung dengan partai lain guna memenuhi syarat minimal membentuk sebuah fraksi. Dari proses komunikasi parpol tersebut berjalan lancar. Kemungkinan di DPRD Kota Semarang nanti akan terdapat tujuh fraksi, sama dengan jumlah fraksi pada periode lalu,” katanya, Kamis (22/8/2019).

Saat ini partai politik yang jumlah kursinya memenuhi syarat minimal membentuk fraksi yakni PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, dan Demokrat, serta PKB. Sedangkan empat parpol lainnya, yaitu Golkar,  Nasdem, PSI, serta PAN akan bergabung membentuk dua fraksi.

Sementara, Umi Sirotun Diniyah anggota dewan dari PAN mengatakan, untuk PAN akan bergabung dengan PSI guna membentuk satu fraksi. Adapun nama fraksinya adalah PAN-PSI.
“Dan untuk alat kelengkapan dewan sudah kami sepakati bersama melalui MoU. Sehingga fraksi tersebut sudah fix,” imbuhnya.(HS)

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Panitia Festival Bukit Jatiwayang II Gelar Bazar Buku di Kampung

Pemenang Masuk Daftar Hitam, Lelang Proyek Stadion Citarum Dibatalkan