in

Dinkes Batang Mulai Vaksinasi Booster Kedua, Masyarakat Bisa Datang ke PSC 119

Sejumlah warga mendaftar untuk mendapatkan vaksin Covis-19 di Batang, (Foto : batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang mulai melaksanakan vaksinasi keempat atau Booster kedua Covid-19. Layanan vaksinasi booster kedua ini, tersedia di Gedung PSC 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) Batang.

“Dinkes Batang sudah melayani vaksinasi booster kedua mulai hari Rabu dan Kamis dari pagi hingga siang hari,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Yuli Suryandaru, Selasa (24/1/2023), seperti dirilis batangkab.go.id.

Sementara ini, stok vaksin yang tersedia adalah Pfizer. Bukan hanya Booster kedua, kami juga turut melayani penyuntikan dosis pertama, kedua, dan ketiga.

Seperti pada kegiatan hari ini Lapas Batang meminta untuk dilaksanakan vaksin kepada warga binaannya sebanyak 200 vaksin Pfizer.

“Di sini kami melayani seluruh vaksin, karena melihat kondisi juga ada yang belum vaksin dosis pertama dan kedua,” kata dia.

Mennurut data sampai 24 Januari 2023, vaksinasi di Kabupaten Batang untuk dosis pertama 79,31 %, dosis kedua 65,75 %, Booster pertama 8,20 %, dan Booster kedua 1,59 %,” jelasnya.

Sejumlah persyaratan mesti dipenuhi oleh calon penerima vaksin, antara lain untuk dosis pertama dan kedua bisa diberikan kepada warga usia 12 tahun ke atas.

Sementara untuk dosis ketiga dan keempat hanya diberikan bagi warga usia 18 tahun ke atas.

“Sedangkan ketentuan pemberian vaksin minimal berjarak 3 bulan untuk penyuntikan dosis kedua ke dosis ketiga. Lalu jarak dosis ketiga ke dosis keempat minimal 6 bulan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana menyampaikan, vaksin Covid-19 juga diberikan pada warga binaan.

Adapun vaksin yang diterima, bukan hanya booster, tetapi juga pertama dan kedua untuk napi yang sama sekali belum menerima vaksin.

“Kriteria warga binaan yang boleh vaksin tentunya melihat kondisi mereka, karena terkadang ada yang sakit. Makanya, kami melakukan secara bertahap pendaftarannya,” tegasnya.

Warga binaan yang terdaftar untuk vaksin hari ini ada 139 orang dan mudah-mudahan semuanya dengan kondisi sehat agar bisa divaksin.

“Pada lingkungan kami sendiri untuk Covid-19 sampai hari ini sudah zero tidak ada yang terpapar Covid-19,” ujar dia. (HS-08)

Kunjungi Pura Mangkunegaran, Prabowo Subianto : Kakek Saya Pernah Kerja di Sini

KPU Batang Bakal Bentuk TPS di Lokasi Khusus