in

11 Tokoh di Kota Surakarta Disuntik Vaksin Covid-19

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat menjalani pemeriksaan kesehatan. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Angka 11, bagi Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo rupanya memiliki berbagai makna. Angka 11, bisa berarti 11 tokoh yang mendapat kesempatan pertama untuk mendapat vaksin Covid-19.

Mereka adalah Sekda Kota Surakarta, Ketua DPRD Kota Surakarta, Kapolresta Surakarta, Kasrem 074/Warastratama, Kasdem 0735, Ketua IDI Kota Surakarta, Ketua PDGI Kota Surakarta, Ketua PPNI Cabang Surakarta, Kajari Kota Surakarta, Waka Bidang Pelayanan Ikatan Bidan Indonesia Surakarta, dan perwakilan wartawan menerima vaksin perdana Covid-19.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo justru tidak masuk dalam daftar penerima vaksin. Hal itu karena tokoh kelahiran Surakarta, 13 Februari 1960 tersebut, tak memenuhi syarat usia. Seperti diketahui, salah satu syarat penerima vaksin perdana ini, adalah mereka yang berusia 18-59 tahun. Adapun Rudi, saat ini sudah hampir berusia 61 tahun.

Adapun makna kedua, sebelas adalah singkatan dari Setia Bela Rakyat Surakarta menanggani pandemi Covid-19.

“Sebelas ini juga singkatan dari tenaga kesehatan Setia Bela Rakyat Surakarta menanggani pandemi Covid-19,” kata dia ketika memberi sambutan vaksinasi perdana Covid-19 di Kota Surakarta, di Rumah Sakit Bung Karno Surakarta, Kamis (14/1)

FX Hadi Rudyatmo, berharap seluruh warga, terutama tenaga kesehatan untuk menerima. Vaksinasi ini, menurut dia seperti dirilis Surakarta.go.id, sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang melanda seluruh dunia tersebut.

Walaupun demikian, setelah ada vaksin pun, masyarakat harus tetap berupaya agar tidak terpapar Covid-19. Resep paling baik, menurut Rudi, adalah melaksanakan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau biasa disebut 3M. Selain itu juga tidak boleh takut dan tidak boleh marah.

Sebelumnya, Kota Surakarta telah memperoleh kiriman 10.609 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac tahap pertama. Vaksin yang diangkut dengan dua mobil itu, diterima langsung oleh Walikota FX Hadi Rudyatmo dan Sekda Kota Surakarta, Ahyani, di intalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Selasa (12/1).

Jatah vaksinasi tahap pertama, diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga pendukung lain. Selain itu 11 tokoh dan pejabat yang sudah terdata, termasuk Sekertaris Daerah Kota Surakarta akan menerima pemberian vaksinasi Sinovac tahap pertama pada Kamis (14/1).

Walikota Surakarta menyatakan rasa syukur atas kedatangan vaksin tahap pertama untuk tenaga medis. “Vaksin ini akan menambah imunitas dan semangat para tenaga medis dalam menangani pasien yang terpapar maupun pasien umum. Vaksin ini bukan satu-satunya untuk mencegah terpaparnya Covid-19, akan tetapi yang paling ampuh adalah 3M,” kata dia. (HS-08)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (15/1/2021)

Bupati Pati Minta CPNS Utamakan Kewajiban