Yuliyanto Minta Pendataan Penerima Bantuan Iuran Objektif

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto membuka Sosialisasi Kegiatan Pendataan dan Validasi Data Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2021, di Ruang Plumpungan Kota Salatiga. (Foto : Salatiga.go.id)

 

HALO SALATIGA – Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mengajak para pendata Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN bagi masyarakat miskin di Kota Salatiga, untuk mendata secara benar-benar objektif.

Ajakan ini disampaikan oleh Wali Kota, saat membuka Sosialisasi Kegiatan Pendataan dan Validasi Data Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2021, di Ruang Plumpungan Kota Salatiga, Jumat (09/04). Menurutnya, data yang disampaikan nanti harus benar-benar valid dan tidak ada masalah di kemudian hari.

“Saya tekankan, jangan sampai karena pengaruh teman, saudara, yang mampu tapi di data. Hal ini akan menjadi masalah di kemudian hari. Pasti nanti akan ada aduan dari Pak RT, RW dan  tokoh di sana yang menganggap bahwa datanya tidak valid,” kata Wali Kota, Salatiga.go.id.

Yuliyanto mengingatkan untuk para petugas pendata, harus benar-benar turun mendata, mengetahui dan memotret langsung kondisi masyarakat di lingkungannya.

“Masyarakat yang tidak mampu ini siapa saja, yang layak untuk di data.  Jangan sampai ada data bias nantinya. Untuk para petugas,  Saya harapkan untuk melakukan pendataan seobjektif mungkin, tidak usah ada titipan,” tambahnya.

Dengan data yang valid, Wali Kota dan pemerintah akan mendapatkan data yang sebenarnya. Sehingga koordinasi dengan masyarakat yang tidak mampu akan cepat dilakukan.

“ Dengan pemerintah mendapat data yang valid, yang berasal dari masyarakat kurang mampu akan langsung menerima bantuan dan  tepat sasaran. Penanganannya harus baik dan  tepat. Sehingga bisa dirasakan masyarakat dan tidak terjadi kebocoran data,” ujar Yuliyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga, Gati Setiti, mengatakan bahwa kegiatan ini bisa dijadikan bekal bagi para pendata PBI JKN dalam menyajikan data yang benar dengan melihat kondisi yang sebenarnya dari warganya.

“Ini bisa dijadikan bekal bagi para pendata  dalam memverifikasi dan validasi pendataan peserta PBI JKN dari Kota Salatiga. Data akan tersaji valid, akurat dan update, sehingga peserta penerima dapat tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya

Sebagai informasi, bahwa kegiatan ini diikuti oleh unsur-unsur yang tergabung dalam Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dan PSM dari kelurahan di Kota Salatiga. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.