in

Yoyok Sukawi Setuju Menpora Perketat Naturalisasi Atlet

Anggota Komisi X DPR RI, AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi.

 

HALO SEMARANG – Anggota Komisi X DPR RI, AS Sukawijaya mengaku setuju dengan rencana Menpora Zainudin Amali yang akan memperketat proses naturalisasi atlet.

Menurut pria yang kerap disapa Yoyok Sukawi ini, lebih baik pemerintah memperkuat akar rumput pembinaan atlet daripada terus-terusan melakukan naturalisasi.

“Ya tentu setuju kalau Pak Menteri mau memperketat naturalisasi. Namun tidak berhenti di situ, proses pembinaan di akar rumput juga harus dikuatkan. Apa pun cabang olahraganya, tidak hanya sepak bola,” tutur Yoyok Sukawi di sela-sela aktivitasnya di Semarang, Senin (5/7/2021).

Untuk memperkuat proses pembinaan atlet, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa penambahan infrastruktur olahraga sangat diperlukan, mengingat salah satu problem olahraga Indonesia adalah minimnya fasilitas olahraga.

“Pemerintah juga harus aktif membangun infrastruktur olahraga di daerah-daerah. Kalau infrastruktur sudah tersedia dan Sumber Daya Manusia (SDM) semakin terlatih, maka Indonesia lebih mudah menghasilkan atlet-atlet hasil binaan sendiri dan tidak melakukan naturalisasi lagi dalam jumlah banyak ke depannya,” imbuh anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Selain itu, Yoyok Sukawi juga mendukung langkah Menpora yang ingin memperketat proses naturalisasi karena punya rencana besar terkait grand desain keolahragaan nasional.

“Di dalam grand desain keolahragaan sudah jelas. Bahwa salah satu cara mencetak atlet berbakat adalah dengan mengasah SDM dan memperkuat infrastrukturnya. Ini harapan kita semua supaya olahraga Indonesia terus maju tanpa harus mengandalkan hasil naturalisasi,” pungkas Yoyok Sukawi.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengatakan, bahwa ke depan pemerintah akan memperketat proses naturalisasi atlet dari semua cabang olahraga.

Menteri asal Gorontalo ini percaya bahwa Indonesia akan berhasil mencetak atlet berbakat dengan sebuah proses.

“Untuk naturalisasi akan saya perketat untuk semua cabang olahraga. Kita akan lihat seberapa besar urgensinya. Sebaiknya memanfaatkan potensi yang ada,” kata Menpora ke awak media beberapa waktu lalu.(HS)

Share This

Duh, Liga 1 Diundur Lagi Sampai Agustus, PSIS Liburkan Latihan

Hanya Beli Pemain yang Punya Potensi