Yoyok Sukawi Minta Pemerintah Siapkan Borobudur Sebagai Wisata Nyaman dan Aman

Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi.

 

HALO MAGELANG – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang pada Jumat (26/3/2021). Di Taman Lumbini, Candi Borobudur, pimpinan dan anggota Komisi X DPR bertemu pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah.

Salah satu anggota Komisi X DPR RI, AS Sukawijaya menyebut, bahwa pengembangan destinasi Candi Borobudur memang harus dilaksanakan.

Namun ia tetap mengingatkan bahwa kawasan tersebut merupakan peninggalan sejarah yang proses renovasinya harus disesuaikan dengan aturan yang ada.

“Borobudur memang harus dikembangkan. Kemenparekraf dan Kemendikbud harus bisa bersinergi untuk melaksanakan pengembangan yang cocok. Pengembangan yang tidak menganggu nilai sejarah,” tutur pria yang kerap disapa Yoyok Sukawi ini usai kunjungan kerja.

“Contohnya begini, potensi pengembangan desa-desa wisata begitu besar. Nah ini yang harus dikembangkan. Jadi masyarakat benar-benar merasakan dampak pengembangan Borobudur,” imbuh anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Yoyok Sukawi juga meminta kepada Kementerian terkait, pemerintah daerah, dan pengelola Kawasan Candi Borobudur untuk tertib melaksanakan aturan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Kita semua tahu pariwisata salah satu sektor yang paling terdampak. Dengan kondisi itu, semua pihak harus patuh dan tertib melaksanakan prokes kalau mau Borobudur terus berkembang di tengah situasi yang ada,” tandasnya.

“Kalau protokol kesehatan sudah disiapkan dengan benar, pengembangan jalan terus, maka wisatawan dan masyarakat Borobudur akan merasakan aman dan nyaman,” pungkas Yoyok Sukawi.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.