Wujudkan Smart City, Pemkab Kendal Kerja Sama Dengan Pemkab Batang

Bupati Kendal Dico Ganinduto dan Bupati Batang Wihaji berbincang dalam acara penandatanganan kerja sama, Jumat (12/3/2021).

 

HALO BATANG – Pemerintah Kabupaten Kendal menggandeng Pemerintah Kabupaten Batang terkait kerja sama pembangunan Command Center yang ditandai adanya MoU, Jumat (12/3/2021).

Hal ini, menurut Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, dalam rangka gerak cepat di bidang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Untuk menyempurnakan Kabupaten Kendal menjadi Smart City, kami berusaha untuk mewujudkan adanya Command Center yang dinilai perlu bagi warga Kendal,” jelasnya.

Dico mengaku, dirinya juga telah menyampaikan kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak takut dalam hal bersinergi dengan pemerintah daerah lain.

“Dalam rangka percepatan pembangunan, tentu akan kami upayakan yang terbaik. saya juga sudah sampaikan kepada OPD untuk tidak takut bersinergi dengan pemerintah dearah lain. Yang penting ini bertujuan bagi kemajuan Kabupaten Kendal,” terangnya.

Sementara, beberapa point yang akan diterapkan di Kabupaten Kendal, adalah Command Center dan Mal Pelayanan Publik yang dinilai sangat baik.

“Terlebih semuanya sudah menjadi percontohan bagi beberapa daerah lain,” ujar Dico.

Setelah melakukan MoU dengan Pemerintah Batang, Bupati akan langsung menindaklanjuti bersama dengan OPD terkait dengan segera melakukan persiapan baik mulai dari tenaga teknis dan perangkat pendukung.

Di sisi lain, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kendal, Wiwit Andariyono mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tim teknis dan komunikasi dengan pihak Diskominfo Batang, yang telah berjalan, sampai tahap penyusunan konsep.

“Rencana pada tahun ini 2021 kita sudah mulai secara bertahap pembuatan Command Center, meskipun belum maksimal. Karena anggaran untuk itu sebenarnya belum ada. Tapi paling lambat 2022 sudah dapat kita realisasi sesuai dengan yang diharapkan Bupati,” ungkapnya.

Adapun terkait Command Center yang ada di Batang, dinilai hampir semuanya sudah ada di Kendal.

Dirinya menambahkan, jika yang ada di Kendal informasinya sudah ada, namun belum seluruhnya terintegrasi dengan Kominfo Kendal.

“Maka dari itu tugas utama Kominfo Kendal nantinya, akan mengintegrasi seluruh informasi melalui satu pintu,” pungkas Wiwit.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.