in

Wujudkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Unwahas Gandeng Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah

Dekan FH Unwahas Semarang Dr Mastur, SH menandatangani kerja sama dengan Direktur KSPPS Berkah Mitra Hasanah M Supriyadi, SE, MM, didampingi Rektor Unwahas, Prof Mudzakir Ali untuk mewujudkan Program Magang mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka, baru-baru ini.

 

HALO SEMARANG – Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menjalin kerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Berkah Mitra Hasanah untuk memperkuat implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Adapun terselenggaranya acara ini merupakan tindak lanjut mengenai program hibah yang diterima oleh Fakultas Hukum Unwahas Semarang dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebelumnya FH Unwahas Semarang sudah mengadakan beberapa agenda mengenai review kurikulum untuk pelaksanaan MBKM dan efektivitas Program yang diajukan, yaitu pertukaran mahasiswa, magang, dan KKN Tematik.

Dalam kesempatan kerja sama ini sebagai wujud keseriusan FH Unwahas siap melaksanakan program magang MBKM.

Dalam sambutannya, Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali, MA, menyampaikan, bahwa pihaknya bersyukur dan mengapresisasi kegiatan ini. Dia juga berharap agar fakultas atau prodi menjalin kerja sama sebanyak mungkin agar terjalin jaringan yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk program MBKM.

“Serta menjadikan MBKM sebagai pijakan dan mendorong mahasiswa kepada ilmu yang berguna dengan kebijakan yang sangat mudah. Di Unwahas melalui Biro Akademik sekarang sudah tersedia sistem mengenai alur serta pendaftaran program MBKM, tinggal bagaimana prodi bisa memaksimalkan sistem ini,” terangnya, Jumat (20/8/2021).

Dekan FH Unwahas, Dr Mastur, SH, MH menyampaikan, dalam sambutannya bahwa diselenggarakanya kerja sama ini diharapkan mampu menjalin kerja sama dengan mitra, baik peguruan tinggi lain, instansi pemerintahan maupun yang lain. Diharapkan juga mahasiswa yang magang ini nanti bisa menerapkan mata kuliah yang akan direkognisi ke dalam SKS yang ada, khusunya yang berkaitan dengan hukum perbankan.

“Mahasiswa yang sudah mendaftar magang program MBKM yang ini Ada 10 orang, hanya yang akan kami kirim ke KSPPS Berkah Mitra Hasanah nantinya berjumlah lima mahasiswa, “katanya.

Sementara ini, Direktur KSPPS Berkah Mitra Hasanah M Supriyadi, SE, MM menyambut baik dalam Perjanjian Kerjasama ini. Menurut dia, mahasiswa harus siap dengan adanya pergeseran budaya, sistem, dan kemajuan teknologi. Artinya melalui program-program seperti ini perguruan tinggi sudah memfasislitasi mahasiswa untuk berkembang.

“Dalam perkembangan program ini diharapkan mahasiwa tidak hanya mempelajari knowledge, namun juga harus diimbangi dengan skill. Khususnya kaitanya dengan hukum perbankan,” katanya.

“Selama ini KSPPS sudah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas kaitannya dengan hal magang. Tapi untuk MBKM yang pertama dari Unissula, dan yang kedua ini adalah Unwahas,” pungkas Supriyadi.(HS)

Share This

Ratusan Anak Yatim Dampak Covid-19 Terima Santunan Lazisma

Satpol PP Semarang Segel Kos Anugerah Yang Diduga Digunakan Sebagai Tempat Mesum