Wujudkan Parlemen Modern, DPRD Jateng Luncurkan TV Berlian

Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto saat meluncurkan sebuah aplikasi berbasis digital, “Berlian Televisi; Suara Wakil Rakyat Jawa Tengah”, Kamis (3/9/2020).

 

HALO SEMARANG – DPRD Jawa Tengah meluncurkan  sebuah aplikasi berbasis digital, “Berlian Televisi; Suara Wakil Rakyat Jawa Tengah” sebagai upaya untuk  memudahkan dewan berinteraksi serta melayani masyarakat.

Sekretaris DPRD Jateng, Urip Sihabudin menyatakan, pihaknya tengah menyusun sebuah rencana besar (grand design) dari konsep parlemen modern, salah satu perwujudan dari konsep tersebut adalah Berlian Televisi.

Menurutnya, produk tersebut bukanlah televisi berbasis frekuensi maupun kabel, melainkan digital melalui media sosial.

Ada empat syarat untuk mewujudkan sebuah parlemen modern, yakni adanya penyiaran digital, mengembangkan aplikasi berbasis web, terintegrasi, serta adanya literasi digital.

“Pada 2019 sampai 2020, kami sudah mengembangkan aplikasi e-wadul, e-legislasi. Selanjutnya pada 2021, kami kembangkan lagi e-aspirasi agar bisa digunakan oleh anggota DPRD saat kunjungan dapil maupun reses. Rencana besar dari aplikasi-aplikasi itu harus terintegrasi melalui Sistem Pelayanan Dewan atau Sipelwan. Dengan aplikasi-aplikasi itu semua memudahkan dewan berinteraksi serta melayani kepada masyarakat,” ujarnya saat peluncuran Berlian Televisi; Suara Wakil Rakyat Jawa Tengah di lobi Gedung Berlian DPRD Jateng, Kamis (3/9/2020).

Sementara Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto mengapresiasi peluncurkan Berlian Televisi. Karena menurutnya, melalui kanal tersebut akan bermanfaat bagi dewan maupun masyarakat.

“Secara kemanfaatannya merupakan salah satu upaya untuk mengaktualisasikan diri dalam mengemban amanah. Selain itu masyarakat bisa mengkritisi kinerja dewan,” ujarnya.

Bambang menajelaskan, mengenai konsep tertib dan disiplin kedewanan merupakan cara ampuh untuk membangun sebuah kemitraan di internal DPRD Jateng.

“Tertib komunikasi seperti seringnya kami berkomunikasi antarpimpinan ternyata mampu membangun sebuah soliditas internal termasuk dengan anggota,” ucapnya.

Sedangkan upaya komunikasi dengan rakyat, lanjutnya, melalui Berlian Televisi merupakan upaya dalam membina jaringan komunikasi melalui media. Karena itu dengan adanya Berlian Televisi bisa menambah kualitas dan kebermanfaatan kinerja DPRD.

“Kami persilakan masyarakat untuk memberi masukan. Kalau tidak bekerja sama dengan media akan kerepotan,” ujarnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.