in

Wujudkan Kendal Smart City, Pemkab Jalin Kerja Sama Dengan Perusahaan dan Kampus

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Windu Suko Basuki foto bersama Rektor Unissula, Unisbank, Ad Medica, Rektor Unaki, Rektor Stiepari dan PT Indosat Tbk usai melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan pihak ketiga, baik Administrasi Layanan Kesehatan, Layanan Jaringan Internet dan Layanan Pendidikan, di Puskesmas Brangsong 2, Kamis (10/6/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal, melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan pihak ketiga, baik Administrasi Layanan Kesehatan, Layanan Jaringan Internet dan Layanan Pendidikan, di Puskesmas Brangsong 2, Kamis (10/6/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, Sekda Kendal, Moh Toha, Para Kepala OPD, Forkopimcam Brangsong dan Kepala Puskesmas Brangsong.

Acara diisi dengan penandatanganan kerja sama antara Pemkab Kendal dengan pihak swasta, di antaranya dengan perwakilan PT Administrasi Medika, perwakilan PT Indosat Tbk, Rektor Unissula Semarang, Rektor Unisbank Semarang, Rektor Unaki Semarang dan Rektor Stiepari Semarang.

Perwakilan dari PT Administrasi Medika, Jati Widagdo dalam sambutannya mengatakan, manfaat dari kerja sama ini yang pertama adalah bisa memproteksi kesehatan warganya secara integrasi, dengan bantuan tekhnologi digital yang tentunya akan lebih mudah.

“Kedua, dengan kerja sama ini ke depan Pemerintah Kabupaten Kendal bisa membuat kebijakan yang lebih presisi,” ujarnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto memberikan sambutan sebelum melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan pihak ketiga di Puskesmas Brangsong 2, Kamis (10/6/2021).

Yang ketiga, lanjut Jati, dengan ada integrasi ini ada 200 lebih dokter, 2.000 lebih tenaga kesehatan, kemudian 58 puskesmas pembantu, 30 puskesmas dan tiga rumah sakit di Kendal.

“Yang ke depan akan terintegrasi, sehingga ini tentu akan memudahkan layanan kepada masyarakat Kendal,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unissula, Bejo Santoso dalam sabutannya mengatakan, pihaknya akan siap membantu menyalurkan tenaga untuk membantu Kabupaten Kendal.

“Mahasiswa kami kan 20%-nya warga Kendal, jadi sudah seharusnya kami ikut membantu mewujudkan smart city Kendal ini. Kita punya beberapa tenaga di berbagai bidang yang siap terjun,” tandasnya.

Bejo pun mengungkapkan, Unissula sudah siap dengan berbagai kerja sama yang tentunya juga sudah siap plafon dananya.

“Kami berharap dengan kerja sama ini, bisa saling sinergi baik di bidang pendidikan, ekonomi, industri, dan kesehatan,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Bejo, pihaknya juga punya Sekolah Lurah yang memberikan beberapa pendidikan, baik bidang tekhnologi, bidang administrasi pemerintahan, maupun bidang pembangunan desa.

“Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh sekolah lurah ini, diharapkan mampu mengembangkan dan membangun desanya,” tandas Bejo.

Usai penandatanganan kerja sama, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, tujuan dilakukannya kerja sama ini dalam rangka pengembangan digitalisasi pelayanan kesehatan.

Hal ini menurutnya, sesuai dengan amanat UU Permendagri dan Perda, bahwa Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk bekerja sama dengan pihak ketiga.

“Digitalisasi pelayanan kesehatan ini sangat penting, di mana nantinya semua data pasien di Kendal bisa menjadi satu pintu dan teritegrasi. Sehingga nantinya kita bisa mengambil keputusan dan langkah kebijakan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Kendal dengan Administrasi Medika Jakarta.

Pada kesempatan itu, Dico juga mengucapkan terima kasih atas komitmen yang menghasilkan kerja sama menuju Kendal Smart City.

“Beberapa tahapan Smart City ini bukan merupakan tujuan akhir, melainkan menjadi fondasi awal pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Kendal,” katanya.

Untuk itu, Pemkab Kendal, masyarakat, dan semua pihak di Kabupaten Kendal membangun komitmen untuk mewujudkan cita-cita luhur membangun Kabupaten Kendal yang andal.

“Dari progres ‘smart city’ tersebut, Pemkab Kendal terus berbenah dan menghadirkan pelayanan publik yang makin baik dan cepat berbassis online, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat segera bisa terpenuhi dan permasalahan yang ada relatif cepat terselesaikan,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Dico, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Kendal Smart City.

“Di antaranya dengan bidang integrasi layanan kesehatan, kemudian dengan salah satu provider dalam rangka perbaikan blank spot di beberapa wilayah dan juga dengan kampus-kampus ternama di Semarang dalam rangka kerjasama Tridharna Perguruan tinggi,” pungkasnya. (HS-ADV)

Share This

Ganjar ke Brebes, Cek Vaksinasi Sekaligus Beri Instruksi Khusus

Masyarakat Pertanyakan Penanganan Kasus Dugaan Korupsi BPNT di Banyumas