WTP Lima Tahun, Kemenkeu Beri Pemkab Sragen Penghargaan

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sragen, Guruh Utomo, menyerahkan penghargaan kepada Plt Bupati Sragen Dedy Endriyatno  (Foto : sragenkab.go.id)

 

HALO SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen, meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sebagai salah satu pemerintah daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan kategori WTP lima tahun berturut-turut.

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sragen, selaku perwakilan Kemenkeu, Guruh Utomo, kepada Plt Bupati Sragen Dedy Endriyatno, didampingi Inspektorat Sragen Wahyu Widayat dan Kepala BPPKAD Sragen Dwiyanto, di ruang kerjanya Kompleks Pemkab Sragen, Senin (12/10).

Mewakili Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, Kepala KPPN Sragen, Guruh Utomo menjelaskan setiap tahun Kemenkeu memberikan penghargaan dengan tiga kategori, yaitu daerah yang satu tahun dapat opini WTP, daerah yang lima tahun berturut-turut dapat opini WTP, dan daerah yang 10 tahun berturut-turut dapat opini WTP.

Sementara untuk Kabupaten Sragen, sudah lima tahun berturut-turut dapat predikat tersebut sehingga dimasukkan dalam kategori lima tahun berturut-turut sehingga berhak mendapat piagam.

“Untuk Kabupaten Sragen sebenarnya sudah ke – enam berhasil mempertahankan opini WTP terhitung sejak tahun 2014 sampai tahun 2019, atas komitmen dalam pengelolaan keuangan dan dapat diselesaikan dengan baik, sehingga oleh Kemenkeu diberikan piagam ini,” katanya.

Lebih lanjut, Guruh mengatakan penghargaan ini merupakan suatu bentuk apresiasi bagi seluruh sektor di Kabupaten Sragen, dan pada masa pandemi ini yang perlu diperhatikan adalah yang berkaitan dengan dana refocusing. Ia mengingatkan agar semua pihak bisa bijaksana dan harus berhati-hati agar tahun depan bisa mempertahankan WTP kembali.

“Dapat diberikan opini WTP lima kali berturut-turut dari BPK ini luar biasa karena tidak semua kabupaten / kota yang bisa mencapai progres seperti ini terutama lima tahun berturut-turut.Tandanya rekan-rekan di Kabupaten Sragen dapat bekerja dengan baik, Semoga bisa dipertahankan,” kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sragen, Dedy Endriyatno bersyukur atas opini WTP yang diperoleh Kabupaten Sragen. Menurutnya ini merupakan hasil kinerja seluruh sektor tak hanya eksekutif tapi juga legislatif.

“Capaian WTP lima kali berturut-turut ini, menjadi sebuah kebanggaan kami. Dari awal Bu Yuni dan saya dilantik, kami punya komitmen menjalankan pemerintah yang apa adanya khususnya dalam pengelolaan keuangan dilaksanakan dengan baik sampai dengan tingkat desa,” terangnya.

Untuk mencapai WTP, Plt Bupati mengaku bukan perkara sulit oleh karena itu dirinya berharap kualitas dari WTP Kabupaten Sragen dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

“Bukan hanya soal laporan keuangan tetapi juga capaian kinerja, baik itu perorangan maupun organisasi perangkat daerah (OPD). Kalau hanya menerima WTP saya yakin tahun depan dengan semangat kita seperti ini pasti bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, tapi jauh lebih penting itu kualitas WTP yang harus mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh jajarannya yang sudah bekerja optimal dan bertanggung jawab terhadap keuangan negara sehingga Sragen dapat predikat ini.

“Kami sampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkab Sragen baik eksekutif maupun legislatif yang semuanya dinilai baik sehingga dapat opini WTP. Semoga penghargaan ini dapat memotivasi seluruh sektor Sragen untuk bisa meningkatkan tahun-tahun selanjutnya,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.