in

Wow, Semarang Zoo Kini Punya Unta Punuk Satu

Semarang Zoo kini telah memiliki tambahan koleksi baru yaitu satwa unta punuk satu.

HALO SEMARANG – Kini Semarang Zoo telah memiliki koleksi satwa yang makin lengkap dengan kedatangan satwa khas padang pasir, yaitu jenis unta punuk satu.  Satwa ini menjadi koleksi baru di taman satwa yang dikenal dengan kebon binatang (Bonbin) Mangkang itu, selain satwa yang ada sebelumnya seperti harimau, gajah, dan jenis burung serta satwa lainnya.

Dua ekor unta tersebut berhasil didatangkan dari Jatim Park, karena di sana ada surplus untuk satwa unta.

“Alhamdulilah, proses memperoleh koleksi satwa baru ini lancar. Sehingga di Lebaran ini, kami punya satwa baru untuk dihadirkan kepada pengunjung,  sekaligus upaya Semarang Zoo untuk selalu memenuhi keinginan dari masyarakat menambah keleksi baru satwa, selain memperbaiki fasilitas dan sarana dan prasana yang ada,” ujar Manager Keuangan, Personalia dan Operasional Semarang Zoo, Acti Evan Anthadona, Senin (3/6/2019).

Setelah sampai di Semarang pada Minggu (2/6/2019) pukul 04.00, satwa unta ini langsung ditempatkan di kandang khusus yang berukuran luas 20 meter persegi dan tinggi 4 meter. Selain itu, pihak pengelola juga memberikan perhatian lebih terhadap koleksi baru ini. Terutama untuk ketercukupan air minum di kandang.

“Karena perbedaan cuaca yang sejak lahir berada di cuaca dingin, sekarang dipindahkan ke Semarang yang memiliki cuacanya lebih panas, sehingga salah satu caranya dengan memberikan kecukupan air di kandang yang ditempatkan di sebuah bak seperti kolam untuk minum dan satu lagi untuk tempat makan,” imbuhnya.

Untuk membuat kandang unta ini, pihaknya memang meminta arahan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jateng terkait standarisasi kandangnya.

Pengunjung saat ini hanya bisa melihat dari luar kandang unta. Sebenarnya, satwa unta adalah untuk hewan tunggang, namun mengingat kondisi keselamatan satwa tersebut untuk saat ini hanya boleh ditonton dari luar kandang saja.

Diakui Evan, saat libur Lebaran diperkirakan baru akan terjadi kunjungan yang signifikan di Semarang Zoo,  pada hari H Lebaran. Dan puncaknya pada H+2 Lebaran. “Untuk H-4 dan H-3 ini, pengunjung terlihat belum signifikan karena masyarakat biasanya banyak yang berwisata saat hari H Lebaran, setelah acara tradisi silaturahmi keluarga,” tandasnya.(HS)

Pemkot Semarang Buka Lelang Terbuka Jabatan Sekda  

Setelah Beckham, Giliran Weslife Akan Histeriskan Kota Semarang