in

World Rabies Day, Dinperpa Kota Pekalongan Gratiskan Vaksinasi

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, akan menggelar pelayanan vaksinasi rabies secara gratis, di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kertoharjo, Jalan Letjen Suprapto No 3, Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Selasa (28/9) sampai Kamis (30/9).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ilena Palupi SPt MSi, mengungkapkan kegiatan vaksinasi hewan gratis ini, dilakukan dalam rangka memperingati World Rabies Day 2021.

“Tindak lanjut pencegahan kegiatan zoonosis adalah Peringatan Hari Rabies Day. Kami melaksanakan vaksinasi dan pengobatan gratis untuk hewan anjing, kucing, dan kera pada tanggal 28 -30 September 2021 di Puskeswan Kertoharjo, dengan syarat yang berlaku,” kata Ilena, Kamis (16/9), seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Menurutnya, dalam vaksinasi rabies ini, Dinperpa Kota Pekalongan menggunakan vaksin dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, dengan target 200 ekor hewan untuk bisa tervaksin.

Lebih lanjut, Ilena menjelaskan adapun hewan yang bisa divaksin rabies, di antaranya berumur minimal 3 bulan, kondisi sehat, dan tidak bunting (bagi betina)

“Pencegahan rabies ini tingkatnya Jawa Tengah. Wilayah Jawa Tengah sebetulnya sudah bebas rabies, tetapi Jawa Barat belum. Jadi karena Jawa Tengah berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah tetap melaksanakan program tersebut, untuk menjaga status Jawa Tengah bebas rabies. Masyarakat Kota Pekalongan, dapat membawa hewan kesayangannya untuk vaksinasi rabies pada jam operasional Puskeswan yakni mulai pukul 09.0 hingga selesai (jam kerja),” kata dia.

Seperti diketahui, pemberian vaksin antirabies pada hewan, akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan dengan rabies. Suntikan vaksin antirabies pada hewan, juga bisa mencegah risiko kematian hingga 100 persen pada manusia. (HS-08)

Share This

SMKN 1 Blora dan Polres Bekerja Sama Gelar Vaksinasi pada Pelajar

Curah Hujan Meningkat, BPBD Batang Antisipasi Banjir di 12 Lokasi