in

World Cleanup Day 2021, Wabup Berharap Gerakan Kebersihan Berkesinambungan

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM memimpin apel World Cleanup Day 2021 di kawasan Grojogan Blora, Jumat (17/9). (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Kegiatan kebersihan yang dilaksanakan dalam peringatan World Cleanup Day 2021, diharapkan dapat berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan hari ini, saya berharap tidak hanya aksi, tapi mari kita hidupkan kepedulian terhadap orang-orang di sekitar kita. Minimal kebersihan di sekitar kita, di keluarga kita, dan di lingkungan kita, baru kemudian berbicara kebersihan di Kabupaten Blora,” kata Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM memimpin apel World Cleanup Day 2021 di kawasan Grojogan Blora, Jumat (17/9).

Menurut dia jika gerakan kebersihan hanya dilakukan pada event-event tertentu, maka menjadi tidak berarti. Karena itu dia meminta agar semua yang hadir pada acara itu, supaya menanamkan pada diri masing-masing, bahwa kebersihan itu dimulai dari diri sendiri.

“Karena kebersihan sebagian dari iman. Dan mungkin juga, karena panjenengan (anda) orang Jawa, bahwa resik iku becik (bersih itu baik). Saya berharap dengan kebecikan itu mengajak saudara-saudara kita, mengajak keluarga kita untuk menjaga kebersihan,” kata dia, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Pada hari puncak World Cleanup Day 2021, Wabup juga berharap, khususnya bagi pelajar dan pemuda agar jangan patah semangat.

“Jangan patah semangat, ini awal kebaikan panjenengan (anda), walaupun tahun-tahun kemarin sudah dilaksanakan, tetapi di tengah pandemi ini, jenengan (anda) punya niat yang ikhlas, niat yang tulus untuk menciptakan kebersihan di Kabupaten Blora. Semoga yang telah diperbuat menjadi catatan amal kebaikan untuk kita semua,” kata Wabup.

Dalam sambutan dan arahnya, Wabup yang akrab disapa Mbak Etik ini, juga memberikan apresiasi khususnya kepada remaja dan pemuda, karena sangat peduli pada lingkungan di Kabupaten Blora.

“Perlu saya berikan apresiasi yang besar kepada adik-adik kita ini, di mana di hari puncak Hari Pembersihan Dunia 2021 di Kabupaten Blora, dimotori oleh adik-adik kita, yang mana mereka sangat peduli pada lingkungan di Kabupaten Blora,” kata Wabup.

Wabup juga berterima kasih kepada Dinas, OPD terkait, yang sudah hadir pada acara itu, yang telah ikut serta mengapresiasi anak-anak.

“Kemarin di tempat yang sama kita sudah mencanangkan untuk Blora Bersih dengan dimotori oleh teman-teman relawan dan juga oleh OPD. Dan hari ini dilakukan hal yang sama juga terkait dengan kebersihan yang ada di Kabupaten Blora. Tetapi hari ini dimotori oleh anak-anak kita,” ujarnya.

Di sela-sela acara juga dilaksanakan penyerahan bibit pohon kepada Angel siswa SMAN 1 Blora dan Feri siswa SMKN 1 Blora (perwakilan remaja) dan bantuan sembako bagi petugas kebersihan.

Acara dilanjutkan dengan gotong royong kebersihan di kawasan Grojogan. Kemudian, Sabtu (18/9) dilanjutkan ke Kali Lusi Kaliwangan Blora.

Kegiatan itu didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup bersinergi dengan relawan peduli lingkungan serta OPD terkait.

Hadir pada acara tersebut Plt. Kepala DLH Blora Sugiyono, Sekretaris DPUPR Irfan Agustian Iswandaru, Kepala Inspetorat Blora Kunto Aji dan Sekretaris Dinduk Capil Zuliz Susilarti.

World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi. (HS-08).

Share This

Rembang Tercepat Ke 2 Dalam Pendataan SDGs, Menteri PDTT Beri Penghargaan

Wabup Minta Industri Kecil Menengah di Blora Terus Berinovasi