in

Workshop Moderasi Agama, Bupati: Ajarkan Amalan Agama dan Toleransi kepada Anak Didik Sejak Dini

Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan sambutan dalam Workshop Moderasi Agama ke-3, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (26/10). (Foto Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Bupati Karanganyar Juliyatmono, meminta para guru untuk menggelorakan semangat moderasi beragama dan sikap toleransi, kepada peserta didik sejak dini.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Karanganyar Juliyatmono, ketika membuka workshop moderasi agama ke 3, bagi guru agama se Kabupaten Karanganyar, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Selasa (26/10).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan investasi untuk memupuk generasi yang bertaqwa sesuai dengan keyakinannya.

“Kecanggihan dan kemajuan teknologi harus dibarengi iman dan taqwa. Anak-anak harus dilatih sejak dini sikap toleransi dan empati terhadap semua orang,” kata dia, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Ditambahkannya pengajaran amalan agama dan sikap toleransi ini juga untuk menciptakan kondusifitas lingkungan dan menjaga keberagaman.

“Ajarkan nilai-nilai positif dan hindari sikap kebencian terhadap orang lain,” pesannya.

Sementara Ketua Panitia, Nazwril Wahid mengatakan kegiatan ini sesuai arahan dari Kementerian Agama RI, untuk menyosialisasikan moderasi agama terhadap peserta didik. Sehingga nantinya tercipta generasi yang menjalankan amalan dengan baik dan saling menghormati antarpemeluk agama satu sama lain.

“Dengan pengenalan sejak dini harapannya ajaran ekstrem dapat dihindari sehingga menciptakan ketentraman wilayah,” katanya.

Dalam kegiatan workshop ini diikuti 76 guru agama di Kabupaten Karanganyar. Workshop juga telah dilakukan mulai tingkat SD dan SMP, SMA/SMK serta tokoh pemuda lintas agama. (HS-08)

Share This

Presiden Minta Harga PCR Turun, Ganjar: Perlu Tim Pengkaji Harga Paling Wajar

Ketua Satgas: Buktikan Kepada Dunia, Indonesia Mampu Gelar Event Besar Internasional