Wonderkid Baru Harapan Barcelona

Alejandro Balde/dok.

 

HALO SEMARANG – Ronald Koeman, pelatih Barcelona, siap mempromosikan pemain tim U-18, Alejandro Balde, ke skuad utama menjelang kembali bergulirnya LaLiga akhir pekan ini.

Balde (17) dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik yang dimiliki Barca saat ini. Media Spanyol, AS, melaporkan wonderkid itu telah berlatih bersama tim senior dalam beberapa latihan terakhir.

Balde, yang berposisi bek kiri, menarik perhatian Koeman dengan performanya di tim yunior dan juga Timnas Spanyol U-18. Dia disebut-sebut sebagai salah satu bocah ajaib yang dimiliki La Blaugrana.

Selain bek sayap, Balde juga piawai sebagai winger. Dia memiliki kecepatan dan kemampuan olah bola yang mumpuni sehingga tak jarang membantu serangan timnya.

Balde dikenal eksplosif, dan diplot menjadi pelapis bek kiri Jordi Alba atau winger kiri Ansu Fati yang sedang cedera. Manajemen klub Catalan bakal menjual bek kiri cadangan Junior Firpo pada bursa Januari 2021.

Barca memang kekurangan pemain natural untuk mengisi posisi sayap kiri. Cedera yang dialami Ansu Fati membuat peluang Alejandro lebih besar.

Seperti Ansu, Balde merupakan produk asli akademi La Masia. Dia bergabung dengan Barca saat berusia delapan tahun setelah menimba ilmu di klub tetangga, Espanyol.

Balde menembus tim Barca U-16 pada 2018, dan tahun lalu langsung mendapatkan promosi ke tim U-18. Jika berhasil mendapatkan promosi ke tim senior, maka dia akan mengikuti jejak Fati yang melakukan hal itu tanpa bermain di Barca B terlebih dahulu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.