in

WNI Keturunan Tionghoa Blora Doakan Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Tertib

Perayaan Imlek 2575 Kongzili di Kelenteng Hok Tik Bio Blora. (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Sekretaris Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hok Tik Bio Blora, Bambang Suharto, berharap pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 bisa berjalan aman, tertib, lancar dan sukses dalam suasana gembira.

Hal itu disampaikan Bambang Suharto, mewakili Ketua Yayasan TITD Kelenteng Hok Tik Bio Blora Budilistijo Suboko, setelah melaksanakan sembahyang dan doa bersama menyambut tahun baru Imlek 2575 Kongzili, yang jatuh Sabtu (10/2/2024).

“Kita berdoa, berharap Pemilu 2024 nanti semuanya berjalan aman, tertib, lancar dan sukses dalam suasana gembira,” kata kata Bambang Suharto, baru-baru ini seperti dirilis blorakab.go.id.

Menurut dia, semua warga negara wajib berpartisipasi dalam Pemilu, sesuai dengan pilihannya.

“Semuanya, kita berharap memberikan partisipasi melaksanakan hak, kewajibannya, tanggung jawab sebagai warga negara mengikuti Pemilu 2024 sesuai dengan apa yang menjadi pilihannya, dan kiranya semoga berjalan dengan baik,” kata Bambang Suharto.

Untuk diketahui, Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hok Tik Bio Blora, menyelenggarakan sembahyang menyambut tahun baru Imlek 2575, yang bershio Naga.

Pemeluk agama Konghucu di Blora, melakukan sembahyang dan doa bersama dengan penuh khidmat, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di Kelenteng Hok Tik Bio Blora pukul 19.00 WIB.

Bambang Suharto menjelaskan segala kegiatan ritual Kelenteng setempat diadakan secara internal dan sederhana, tanpa ada keramaian liong atau barongsai untuk menjaga ketertiban bersama menjelang Pemilu 2024.

“Berhubung berdekatan dengan hari Pemilu 2024 maka pengurus Kelenteng memutuskan segala kegiatan ritual Kelenteng Blora diadakan secara internal dan sederhana tanpa ada keramaian liong atau barongsai untuk menjaga ketertiban bersama menjelang Pemilu 2024,” jelasnya.

Ia menyebut ritual tidak bisa tingggalkan, sembahyang tetap dilakukan, terutama pada tahun baru Imlek.

“Tahun baru Imlek adalah hari di mana kita berterima kasih, mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para Sing Te,” ucapnya.

Hal itu, lanjutnya, bahwasanya kita semua telah diberikan kesempatan sampai dengan hari ini, di tahun baru Imlek 2575, sehingga patut mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur dengan harapan di tahun mendatang akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik seperti kesehatan, rejeki dan lainnya.

“Jadi harapannya, Imlek 2575 bisa membawa berkah untuk kita semua, mudah-mudahan dari tahun baru Imlek, ada semangat baru, harapan baru, semuanya berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ada beberapa sesaji dalam ritual menyambut Imlek 2575, seperti pisang goreng, kue keranjang goreng dan jagung rebus, ingkung ayam dan aneka buah.

Diinformasikan sebelumnya rangkaian upacara sembahyang Kelenteng Hok Tik Bio Blora, yakni Sabtu 3 Februari 2024 ritual bersih-bersih Kelenteng dan ayak abu sembahyang.

Jumat 9 Februari 2024 Doa bersama menyambut Tahun Baru Imlek pukul 19.00 WIB. Sabtu, 17 Februari 2024 Doa bersama Khing Thi Kong jam 19.00 WIB. Sabtu, 24 Februari 2024 Doa bersama hari Cap Go Meh pukul 19.00 WIB. (HS-08).

Gara-gara Bakar Sampah, Dapur Rumah Dilalap Api

BPJS Ketenagakerjaan Banjarnegara Santuni Perangkat Desa yang Meninggal