in

Winjani, Pelukis Cilik Bertalenta Khusus di Purbalingga Unjuk Bakat dalam Penyerahan Obor Pesonas

Winjani Rilin Wardani, siswa kelas 2 SMA di SLB Negeri Purbalingga, menuangkan imajinasinya di atas bingkai kanvas, dalam acara penyerahan obor virtual Pekan Spesial Olympic Nasional (Pesonas), Sabtu (14/05/2022), di Pendopo Dipokusumo. (Foto : Purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Siswa kelas 11 SMA SLB Negeri Purbalingga, Winjani Rilin Wardani menunjukkan bakat melukisnya, dalam acara penyerahan obor virtual Pekan Spesial Olympic Nasional (Pesonas), Sabtu (14/05/2022), di Pendopo Dipokusumo.

Tak hanya memiliki kemampuan dalam melukis. Remaja tersebut juga mempunyai keahlian dalam bidang tata rias, modeling, dan olahraga.

Guru SLB Negeri Purbalingga, Agus Hasim mengatakan Winjani yang memiliki hambatan wicara dan pendengaran tersebut merupakan siswa berprestasi tingkat nasional.

Dia pernah menjuarai Lomba lukis tingkat nasional juara 2 tahun 2016 dan lomba lukis nasional online juara 3 nasional.

SLB Negeri Purbalingga berkomitmen untuk terus membimbing anak-anak berkebutuhan khusus, agar mereka bisa menggali potensi dan bakat yang yang miliki.

Dia berharap tidak ada lagi diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas. Mereka juga diakui oleh masyarakat dan bisa mengembangkan karir sesuai dengan passion dan keahlian masing-masing.

“Ini buktinya bahwa mereka bisa berkarya dengan bimbingan kami di SLB Negeri Purbalingga,” kata Agus Hasim, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Sementara itu berkaitan dengan kirab obor Pesonas, Kabupaten Purbalingga merupakan daerah ke 42 yang disinggahi, setelah Banjarnegara.

Bupati Purbalingga, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purbalingga Agus Winarno mengapresiasi kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan semuanya. Pemkab Purbalingga mengucapkan  terima kasih dan bersyukur karena termasuk dalam 42 Kab/Kota yang disinggahi kirab obor.

“Pesonas tahun ini khusus dan kami mendukung sepenuhnya teman-teman yang berkebutuhan khusus, untuk mengapresiasikan kemampuannya,” kata Asisten Pemerintah dan Kesra, Tursiman mewakili Sekda Purbalingga Agus Winarno, di Halaman Pendopo Dipokusumo, Sabtu (14/5/2022).

Ketua Special Olympic Indonesia (SOIna) Provinsi Jawa Tengah, Kristijani Kirana mengatakan kegiatan Pesonas membuka ruang dan kesempatan bagi anak-anak bertalenta khusus.

”Kami menyelenggarakan kirab obor dengan tujuan mengkampanyekan SOIna, memberikan penghormatan kepada anak-anak bertalenta khusus. Semoga tidak ada lagi anak-anak yang disembunyikan, mari kita bersama-sama membina dan memberikan sosialisasi kepada orang tua,” kata dia.

Ketua SOIna Purbalingga, Sutarno mengatakan Pesonas di Purbalingga berlangsung Sabtu (14/5/2022) sampai Selasa (17/5/2022) dan dimulai pukul 09.30 WIB sampai selesai, di Pendopo Dipokusumo dan GOR Goentoer Darjono Kabupaten  Purbalingga.

”Kegiatannya meliputi  pagelaran seni dan budaya, senam bersama, lomba lari, lomba bola finalti, sosialisasi keliling dan kegiatan ini terselenggara atas dukungan Bank Jateng Purbalingga, Pengurus dan Pemkab Purbalingga serta semua pihak,” kata dia.

Di Banjarnegara

Sebelumnya, Plh Bupati Banjarnegara, H Syamsudin SPd MPd, melepas Kirab Obor Virtual dan Ekspresi Seni Budaya Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022, di Pendapa Dipayudha Adigraha, Sabtu (14/5/2022). Usai pelepasan, rombongan langsung menuju Kabupaten Purbalingga.

Sebelumnya, kegiatan Pesonas di Banjarnegara diawali dengan penerimaan obor dari Kabupaten Magelang, kemudian dilanjutkan dengan berbagai jenis kegiatan yang diikuti oleh anak-anak dari 3 SLB (SLB N Banjarnegara, SLB N Mandiraja dan SLB YPAD Baramas Klampok).

Kegiatan yang digelar, di antaranya: lomba lari, senam bersama, pertandingan bulu tangkis, dan pertandingan sepak bola.

Pada cabang seni dan kreasi, digelar pentas seni tari Dawet Ayu, lomba menyanyi, Tari Sintren, lomba puisi, dan tari tunggal.

Adapun rute Kirab Obor Pesonas 2022, dimulai dari Pendapa Dipayudha Adigraha, menuju SLBN Banjarnegara, dan kemudian SLBN Mandiraja, diteruskan ke SLB YPAD Baramas Klampok menuju ke Kabupatan Purbalingga.

Asisten Ekbang Kesra Banjarnegara, Tursiman, mewakili Plh Bupati Banjarnegara, mengucapkan terima kasih atas nama pemerintah kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, kegiatan ini dipenuhi kebahagiaan keceriaan anak-anak yang mengalami disabilitas intelektual”, katanya.

Untuk itu, pemerintah mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak. Tursiman meminta agar untuk mereka, penyebutannya tidak lagi “Penyandang Disabilitas Intelektual”, tetapi menjadi “Insan Bertalenta Khusus”. (HS-08)

Klaten Kembali Raih WTP, Pj Sekda Minta Dijadikan Motivasi Kerja

Kades di Purbalingga Harus Punya Perangkat Desa yang Jago TIK