Wenger Usulkan Perubahan Sejumlah Aturan Sepak Bola

Arsene Wenger/mirror.

 

HALO SPORT – Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal yang kini menjabat Kepala Pengembangan Sepak Bola Global Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), mengusulkan perubahan sejumlah aturan.

Di antaranya pada lemparan ke dalam, sepak pojok, dan tendangan bebas.

Wenger memang punya kuasa untuk mengevaluasi aturan-aturan sepak bola. Pria asal Prancis ini sebelumnya mengusulkan perubahan aturan offside.

Dalam idenya itu, seorang pemain tak akan dianggap offside jika bagian tubuhnya yang bisa mencetak gol sejajar dengan pemain terakhir tim lawan, meski ada bagian tubuh lain yang menjorok.

Pada pembicaraan terbaru, Wenger mengusulkan sejumlah perubahan lain. Terkait lemparan ke dalam, dia mau di periode tertentu lemparan bisa diganti dengan tendangan.

‘’Lima menit sebelum bubaran, sebuah lemparan ke dalam buat Anda seharusnya jadi keuntungan. Namun, pada situasi-situasi ini, Anda menghadapi 10 pemain outfield lawan. Sementara Anda cuma punya sembilan,’’ ungkapnya seperti dilansir Marca.

‘’Statistik menunjukkan delapan dari 10 situasi lemparan ke dalam itu, Anda kehilangan bola. Alih-alih lemparan, di paruh lapangan Anda sendiri, Anda mesti punya kemungkinan untuk mengambil sebuah tendangan,’’ paparnya.

Arsene juga menawarkan ide terkait tendangan penjuru dan tendangan bebas. Sepak pojok melengkung yang sempat keluar tetap akan dianggap sah, sedangkan tendangan bebas bisa dioper cepat ke diri sendiri.

‘’Kami mempertimbangkan hal lain, sepak pojok melengkung yang keluar dari lapangan lalu kembali masuk harus dibuat sah. Ini akan menciptakan kesempatan baru untuk mencetak gol. Ada juga opsi untuk melakukan tendangan bebas cepat buat diri sendiri,’’ ujarnya.

Wenger (70) semasa aktif bermain sebagai gelandang. Dia pernah membela Strasbourg.

Selepas gantung sepatu, Wenger menjadi pelatih mulai 1984 dengan melatih Nancy. Dari Nancy, The Professor menukangi Monaco, Nagoya Grampus Eight, dan Arsenal.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.