Wartawan Kendal Dilatih Meracik Kopi

Anggota PWI Kendal mendapatkan pelatihan meracik oleh Barista MHF, di Kaliwungu Selatan, Sabtu (26/12/2020).

 

HALO KENDAL – Kopi seakan memiliki hubungan erat dengan para pekerja media, khususnya jurnalis. Bagi sebagian wartawan, mereka menganggap kopi sudah menjadi teman pendamping saat mereka mengolah dan membuat berita.

Atas pertimbangan ini, PWI Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Mochamad Herviano Foundation (MHF) menggelar pelatihan meracik kopi bagi para wartawan.

Kegiatan dilaksanakan di kediaman salah satu wartawan, Slamet Priyatin, di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal, Sabtu (26/12/2020).

Sebanyak 15 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal dilatih meracik kopi serta bagaimana membuat kopi yang enak.
Termasuk teknik meracik kopi, Manual Brew dan Vietnam Drif oleh instruktur dan barista dari MHF, Yudha dan Reina.

Dalam pelatihan ini peserta juga diajarkan menggiling biji kopi dengan alat sederhana. Setelah biji kopi lembut diseduh dengan air yang tidak mendidih.

”Setelah mengenal aroma, rasa, dan karakter kopi, baru bisa membuat kopi. Syarat membuat kopi enak, hati harus bahagia,” jelas Lek Pri salah satu mentor yang sudah menggeluti kopi lebih dari tiga tahun.

Para peserta pelatihan juga diberi pengetahuan tentang mengenal karakter kopi dengan baik dan benar, bahkan sampai tingkat profesional. Selain itu juga tentang pemberdayaan kopi dari hulu sampai hilir.

Harapannya dengan pelatihan ini, para jurnalis bisa memiliki keterampilan meracik kopi sesuai dengan seleranya dan bisa ditularkan kepada orang lain.

“Kita juga mendorong wartawan bisa membuka kedai kopi atau cafe, sehingga bisa menjadi sumber penghasilan selain menulis berita,” imbuh Lek Pri.

Ketua PWI Kabupaten Kendal, Rosyid Ridho mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan tentang meracik dan membuat kopi.

“Kendal punya kopi yang khas, dan temen-temen wartawan biasanya hanya menulis bagaimana kopi Kendal. Dengan pelatihan ini temen-temen bisa lebih mengenal kopi Kendal dengan meracik sendiri,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.