Warga : Vaksinasi Bukti Nyata Pemerintah Atasi Covid

Petugas mempersiapkan vaksin yang akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Sejumlah warga berpendapat bahwa vaksinasi merupakan bukti nyata upaya pemerintah, untuk mengatasi wabah Covid-19.

Pendapat tersebut antara lain diungkapkan oleh Upik, warga kabupaten Batang. Menurut dia pemerintah telah benar-benar memberikan bukti nyata untuk mengatasi Covid-19.

Karena itu dia menyambut baik rencana vaksinasi untuk masyarakat umum. “Kami menunggu semoga vaksinasi ini membawa hasil yang baik bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata dia.

- Advertisement -

Dia mengakui selama ini merasa cemas, karena Covid-19 bisa menular kepada siapa saja. Karena itu dia berharap agar masyarakat umum juga bisa segera memperoleh vaksin ini. Dengan adanya vaksin, kecemasan orang-orang seperti dirinya akan hilang, atau setidak-tidaknya berkurang.

Dia juga menyayangkan adanya kabar-kabar bohong mengenai Covid-19 dan vaksinasi. Namun demikian saat ini sudah terdapat banyak media untuk memperoleh konfirmasi dan klarifikasi dari kabar-kabar tersebut.

Dia menyatakan sudah tahu bahwa vaksin bukan yang utama dalam mengatasi pandemi Covid-19. Walaupun demikian, dia menilai vaksinasi merupakan upaya terbaik yang bisa dilakukan umat manusia saat ini.

Selain itu tentu dengan tetap waspada serta menerapkan protokol 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta mencegah kerumunan.

Optimisme dengan adanya vaksin Covid-19 ini juga disampaikan para tenaga kesehatan Rumah Sakit Qolbu Insan Mulia (QIM) Batang.

Puput Triatmaja, perawat di rumah sakit itu mengajak rekan-rekannya sesama tenaga kesehatan untuk tidak takut disuntik vaksin. Dia juga mengatakan kondisi tubuhnya tetap baik, setelah beberapa jam disuntik vaksin Covid-19.

“Pertama saya merasa gugup. Tapi waktu proses disuntik rasanya biasa saja. Cuma ada rasa seperti digigit semut dan sedikit pegal, tetapi tidak ada efek kesehatan apapun,” kata dia seperti dirilis Batangkab.go.id.

Menurut dia, vaksinasi tersebut perlu dilakukan untuk kebaikan semua. Para tenaga kesehatan, memang termasuk kelompok yang beruntung, karena mendapat prioritas utama untuk memperoleh vaksin ini.

Ketua Tim Vaksin RS QIM Batang dokter Sutriono, mengatakan  masyarakat tidak perlu bimbang, ketika tiba saatnya untuk divaksin. Menurut dia vaksin ini terbukti aman, karena sudah teruji secara klinis hingga tiga tahap. Vaksin ini juga ampuh untuk membentengi tubuh dari paparan Covid-19.

Lebih lanjut dia mengatakan di RS QIM terdapat 376 nakes yang sudah terdaftar untuk disuntik vaksin sejak 25 – 28 Januari 2021. Mereka terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, tenaga farmasi, ahli gizi dan tenaga laboratorium yang terdaftar.

“Vaksin ini digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi bukan berarti setelah divaksin kita jadi bebas begitu saja. Kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” kata dokter Sutriono, Rabu (27/1). (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.