in

Warga Sukorejo Kendal Digegerkan Dengan Penemuan Dua Batu Yang Diduga Situs Bersejarah

Temuan batu kuno di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal.

 

HALO KENDAL – Warga Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal digegerkan dengan penemuan dua batu kuno yang diduga berkaitan dengan situs bersejarah. Dua batu tersebut ditemukan di tanah bengkok milik Kepala Desa setempat.

Sutono (63) yang pertama kali menemukan situs tersebut mengaku, saat itu dirinya sedang mengerjakan lahan bengkok milik kepada desa untuk pertanian.

“Saat saya sedang mencangkul tiba-tiba cangkul saya mengenai sesuatu benda yang keras. Kemudian saya lanjutkan mencangkul dan kena lagi. Akhirnya saya cangkul dengan hati-hati dan saya temukan bentuk seperti makam ini,” ujarnya kepada halosemarang.id, Sabtu (6/11/2021).

Batu kuno yang ditemukan Sutono tersebut berbentuk dua batu persegi dengan tinggi sekitar 30 cm.

“Batu berwarna putih dengan dikelilingi batuan yang menyerupai nisan makam cuma ukurannya kecil,” ungkapnya.

Atas kejadian tersebut dirinya kemudian melaporkan penemuan bangunan yang diduga situs bersejarah tersebut kepada Kepala Desa Purwosari, Miadi.

Sekretaris Desa Purwosari, Ribut Sudiyono membenarkan penemuan tersebut. Namun dirinya belum bisa memastikan bangunan apa sebenarnya.

“Kami belum bisa memastikan. Apakah itu makam atau situs apa gitu. Soalnya ukurane kecil,” ujarnya.

Ribut menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mengamankan area penemuan bangunan yang diduga situs bersejarah tersebut. Agar tidak dirusak atau diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Area penemuan sudah kami beri pagar pembatas. Dan setiap hari dijaga. Kami masih menunggu arahan dari Pak Kades untuk melaporkan kepada pihak Kecamatan Sukorejo dan dinas terkait,” jelasnya.(HS)

Share This

Satgas Trauma Healing Polresta Malang Memberikan Pendampingan Psikologi pada Korban Banjir

Mobil yang Ditumpanginya Ditarik Paksa Debt Collector, Jonatan Mengaku Seperti Diculik