in

Warga Srobyong Gelar Ruwahan Massal, Bupati Ajak Masyarakat Menjaga Tradisi Leluhur

Pengajian dalam rangka Ruwahan Massal di Masjid Jami' Baiturrohman, Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak masyarakat agar tetap menjaga, melestarikan, dan merawat warisan tradisi serta budaya nenek moyang.

Ajakan itu disampaikannya ketika hadir dalam pengajian dan Ruwahan Massal di Masjid Jami’ Baiturrohman RT 04 RW 03, Desa Srobyong Kecamatan Mlonggo baru-baru ini. Acara yang diselenggarakan warga setempat itu, mendatangkan ulama kenamaan, yakni Gus Muwafiq dari Yogyakarta.

Ruwahan merupakan tradisi berkirim doa untuk arwah para leluhur, orang tua, dan kerabat yang sudah meninggal. Biasanya acara ini dilakukan rumah-rumah, tetapi ada juga yang digelar secara massal di musala atau masjid.

Selain Bupati Jepara Dian Kristiandi, hadir pula Kabag Kesra Setda Agus Bambang Lelono, Camat Mlonggo Sulistiyo, Petinggi (Kepala) Desa Srobyong Muhammad, Ketua Tanfidziah PCNU Jepara KH Charis Rahman, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Andi mengatakan, tujuan kegiatan ini menumbuh kembangkan nilai-nilai luhur masyarakat yang sudah ada sejak dulu, serta melestarikan warisan budaya dan adat di Jepara.

Andi mengajak masyarakat agar tetap menjaga, melestarikan, dan merawat warisan nenek moyang.

“Tradisi ini harus kita rawat dan di uri-uri (lestarikan, red). Jangan sampai tergerus budaya yang mulai merusak moral anak cucu kita,” kata dia, seperti dirilis Jepara.go.id.

Dia juga mengajak masyarakat Srobyong, untuk tetap menjaga kerukunan antarumat beragama.

“Tidak hanya itu, persatuan dan kesatuan, sikap saling tolong menolong merupakan modal berharga membangun bangsa. Dengan begitu, apa yang terkandung di dalam Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara,” kata dia.

Andi yang merupakan warga asli Srobyong menegaskan, agar warga masyarakat menjaga kesehatan di lingkungannya. Dia meminta Camat Mlonggo, Sulistiyo untuk menggerakkan warganya menerapkan pola hidup sehat.

Bahkan orang nomor satu di Jepara ini memastikan pada Warga Srobyong, Sekuro, dan Karanggondang mendapat bantuan rumah tidak layak huni (RTLH).

“Untuk bantuan RTLH pada 2023 harus sudah selesai. Saya minta Pak Camat segera mendata warganya. Supaya tidak ada lagi warga miskin, dan kesehatannya terjamin,” kata dia. (HS-08)

Layak Masuk Partai Utama

Tanam 500 Pohon Trembesi di Sepanjang Jalan Menuju TPA Berahan Wedung