Warga Ngetweet Soal Pencemaran Limbah di Sungai, Ganjar Terjunkan Tim Sidak ke Temanggung

Tangkapan layar unggahan soal aduan pencemaran sungai di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung di Twitter.

 

HALO SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung menerjunkan tim setelah menerima aduan warga lewat media sosial tentang pencemaran lingkungan.

Laporan itu dari warga dengan akun twitter @Affrelias, yang menyampaikan ada sebuah pabrik tekstil kedapatan membuang limbah berwarna pekat ke sungai di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

“Mohon bantuannya untuk menindak lanjuti pencemaran lingkungan dari pabrik tekstil SMA yang berada di wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. @ganjarpranowo @jokowi.” Demikian isi twit tersebut.

Ratusan akun meretweet dan mengomentari cuitan yang juga menampilkan sebuah video dan diunggah pada Jumat (11/9/2020) siang.

Berdurasi 44 detik video tersebut menggambarkan pembuangan limbah yang deras, bahkan sampai menyerupai air terjun.

Akun @nurlisaulfa menanggapi unggahan tersebut dengan mengatakan pembuangan limbah itu sangat berbahaya karena berada di sekitar daerah pertanian.

“Waaah iya shin, itu kec. Pringsurat.. kecamatan terluar nya Temanggung, berbatasan dgn kabupaten Semarang ~ semoga bisa segera ditindak yg buang limbah sembarangan. di sini daerah pertanian kan, sumber air tercemar yaa ambyarrr,” cuitnya.

Pada Jumat malam, akun Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah turut mengomentari unggahan tersebut. “Siap, segera kami koordinasikan dengan pemkab setempat, terima kasih,” tulisnya, Sabtu (12/9/2020) siang.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun menanggapi aduan tersebut. Gubernur berambut putih itu mengatakan telah menerjunkan tim ke Pringsurat.

“Hari ini tim provinsi meluncur,” kata Ganjar.

Netizen pun langsung menyerbu tweet Ganjar tersebut. Termasuk mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Sambil bercanda, Susi bahkan akan menenggelamkan Ganjar jika tidak benar-benar menerjunkan tim ke pencemaran itu.

“Tenan njih Pak Gubernur … saya tenggelamkan kalau ndak selesai polusinya.” kata Susi sambil menyertakan tiga jari telunjuk menunjuk ke atas serta masing-masing dua emotikon tertawa dan menangkupkan tangan.

Tidak mau kalah, Ganjar pun lantas membalas dengan ungkapan kaum milenial. “Ciyaaaaap bu Mentri!!!!”

Ternyata apa yang dikatakan Ganjar dengan menerjunkan tim bukan sekadar isapan jempol. Akun @yourlovelybaeee menyampaikan tim DLHK Provinsi telah meninjau lokasi pembuangan limbah.

“Sudah ditinjau dari DLH juga ini tadi pagiii, semoga cepet kelar urusannya biar lingkungannya ga tercemar,” tulisnya.

Perkara pembuangan limbah di sungai memang jadi salah satu konsen Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah. Ganjar pun telah mengundang pengusaha terkait agar segera membeli alat pengolah limbah. Bahkan beberapa kali dia sidak ke perusahaan pencemar sungai, khususnya Bengawan Solo dan menelusuri alur pembuangannya.

“Sebelum sampai Desember, ini sudah saya tagih dan lihat progresnya. Tadi ketemu sama perusahaan alkohol, dia berjanji akan menghentikan produksi sebentar untuk perbaikan pengelolaan IPAL dan kita hormati,” terangnya saat sidak di Karanganyar beberapa waktu lalu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.