in

Warga Binaan Rutan Boyolali Divaksinasi

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Sinovac di Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Boyolali. Selasa (27/7). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Warga binaan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Boyolali tak luput dari sasaran program vaksinasi. Hal tersebut merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19.

Sebanyak 198 warga binaan tersebut mendapatkan vaksin Sinovac dosis pertama, Selasa (27/7) di aula rutan, di Kampung Masahan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Mojosongo.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, sebanyak 178 warga binaan laki-laki dan 20 warga binaan perempuan, divaksin sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan.

“Kurang lebih total hari ini, yang kami laksanakan vaksinasi ada 198 sekitar 200. Ini semuanya khusus buat narapidana, baik laki laki maupun perempuan,” kata Kepala Rutan kelas IIB Boyolali, Agus Imam Taufik, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Dijelaskan, warga binaan merupakan salah satu bagian dari masyarakat, yang perlu untuk melaksanakan vaksinasi. Keterbatasan warga binaan untuk menjaga jarak menyebabkan Covid-19 mudah menyebar sehingga perlu adanya vaksinasi untuk melindungi warga binaan.

“Karena warga binaan ini sudah over crowded, mereka sangat rentan sekali terkena penularan Covid-19. Untuk melakukan sosial distancing mereka sangat sulit,” ungkapnya.

Disinggung mengenai petugas rutan yang berjaga, pihaknya mengatakan terdapat lima petugas yang ikut dalam vaksinasi warga binaan. Petugas tersebut merupakan penyitas Covid-19 beberapa waktu yang lalu sehingga belum mendapatkan vaksinasi yang kemudian akan mendapatkan vaksin berbarengan dengan vaksinasi waga binaan.

“Ada lima petugas yang belum divaksin. Kebetulan mereka sebagai penyitas Covid-19, sehingga saat itu belum bisa divaksin. Mereka divaksin bersama warga binaan,” kata dia.

Beberapa waktu yang lalu, pihaknya telah melakukan tes antigen Covid-19 ke warga binaan dan lima orang di antaranya reaktif. Karena itu mereka kemudian menempati ruang isolasi mandiri yang telah disiapkan petugas.

Salah satu warga binaan yang mendapatkan vaksinasi, Tri Wahyu Wibowo, menyambut baik adanya program vaksinasi untuk warga binaan.

“Biar kami semua bisa sehat, bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya,” harap warga binaan asal Kecamatan Sambi ini. (HS-08)

Share This

69 Warga Desa Pojok Terima BST

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Rabu (28/7/2021)