in

Warga Binaan Rutan Boyolali Antusias Ikuti Kegiatan Ramadan

Warga binaan Rutan Kelas 2B Boyolali belajar Al-Qur’an. Rabu (13/4/2022). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Warga binaan Rutan Kelas 2B Boyolali yang beragama Islam, mengikuti pengajian dan belajar membaca Al-Qur’an, untuk mengisi bulan suci Ramadan 1443 H.

Kalapas Rutan Kelas 2B Boyolali, Agus Imam Taufik, mengatakan kegiatan ini merupakan proses meningkatan kepribadian bagi warga binaan, baik pria maupun wanita, yang beragama Islam.

“Pembinaan ini bersama teman-teman dari Kemenag Boyolali. Dan ini merupakan proses peningkatan kepribadian mereka para napi, di bulan suci Ramadan,” katanya, seperti dirilis boyolali.go.id, Rabu (13/4/2022).

Agus mengatakan, kegiatan rutin setiap Ramadan ini, dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Adapun isi kegiatan tersebut, mulai dari pelatihan membaca Al-Qur’an dan pelatihan tausyiah.

“Sepertinya mereka antusias mengikuti belajar baca Al-Qur’an dan pelatihan kultum ini,”ujar dia.

Dia mengutarakan, momentum kegiatan di bulan suci Ramadan tersebut diikuti semua warga binaan yang menganut agama Islam dari laki-laki dan perempuan.

Lanjut dia, bagi warga binaan lainnya yang sudah bisa membaca tulis Al-Qur’an, juga harus bersedia mengajarkan terhadap warga binaan lainnya. Meski begitu, pembelajaran terhadap warga binaan tersebut juga tetap mendapat pendampingan dari para petugas Rutan.

“Jadi bagi yang sudah bisa baca Al-Qur’an, mereka harus mau mengajarkan Al-Qur’an bagi yang belum bisa. Tapi juga tetap ada pendampingan dari petugas Lapas,” terang dia.

Ia menambahkan, semua warga binaan di Boyolali ini diharapkan menjadi insan yang lebih baik dan nantinya setelah kembali pihak keluargaanya dapat diterima oleh masyarakat sekitarnya.

“Ya, harapan kami mereka setelah keluar dari Lapas ini memiliki kemampuan. Sehingga mereka nanti dapat diterima di masyarakat mereka tinggal,”jelas dia.

Salah seorang warga binaan Aris Margono (48) yang sudah menghuni di Rutan Kleas 2B Boyolali selama 1 tahun 4 bulan ini mengaku, bangga setelah mendapat pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.

“Saya sanggat bangga dan senang setelah mendapat pembelajaran baca tulis Qur’an ini. Ya, kalau sebelumnya belum bisa baca Al-Qur’an, namun kini sudah bisa membaca Al-Qur’an,”katanya.

Sebagai tambahan informasi Rutan Kelas 2B Boyolali memiliki kapasitas 153 orang saat ini dihuni sebanyak 198 warga binaan dan 187 warga binaan pemeluk agama islam mengikuti kegiatan Ramadan 1443 H (HS-08).

Gunungapi Ibu Erupsi, Muntahan Kolom Abu Capai Setinggi 800 Meter

47 OPD dan UPTD di Klaten Diusulkan Jadi Zona Integritas