Warga Binaan Lapas Terbuka Kendal Modifikasi Mesin Pertanian, Permudah Kerja Pengelolaan Lahan

Salah satu warga binaan Lapas Terbuka Kendal sedang memodifikasi alat pertanian, Senin (7/9/2020).

 

HALO KENDAL – Lapas Terbuka Kendal melalui kegiatan pembinaan kemandirian yang dilaksanakan, telah menghasilkan berbagai produk baik di bidang pertanian, perikanan, maupun bidang peternakan.

Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy mengatakan, untuk mendukung kegiatan pembinaan, dirinya senantiasa mengajak seluruh petugas dan warga binaan berinovasi dan berkreasi, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah.

“Kali ini Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di bawah bimbingan Kasubsi Kegiatan Kerja, Puji Raharjo berhasil memodifikasi mesin pertanian, yaitu mesin rotary tanah yang sekaligus berfungsi untuk membuat bedengan,” ungkapnya, Senin (7/9/2020).

Rusdedy sangat mengapresiasi inovasi yang dibuat jajaran pembinaan. Menurutnya, ini sangat membanggakan karena alat ini sangat membantu para pekerja warga binaan dalam mengelola lahan pertanian menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

“Alat ini berfungsi untuk meninggikan tanah sebagai tempat/area tumbuhnya tanaman, serta sebagai tempat pemberian pupuk dasar maupun pupuk organik. Tentunya dengan inovasi ini produktifitas pertanian Lapas Terbuka Kedal akan semakin meningkat,” terangnya.

Sementara itu, Kasubsi Kegiatan Kerja Lapas Terbuka Kendal, Puji Raharjo menjelaskan, alat ini penting untuk membuat tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

Menurutnya, selain meninggikan tanah, secara otomatis jalur drainase/pengairan juga dapat terbentuk menggunakan alat bedeng ini, sehingga tanaman tidak mudah tergenang air pada saat turun hujan.

“Pekerjaan yang dilakukan secara manual dapat memakan waktu 3 hari, dengan beroperasinya alat bedeng ini, pekerjaan dapat selesai hanya dalam 3 jam,” jelasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.