in

Warga Binaan Lapas Kelas IIA Merasa Lega Mengikuti Vaksinasi Dosis Pertama

Kegiatan vaksinasi di Lapas Kelas IIA Kendal, Senin (2/8/2021).

 

HALO KENDAL – Sebanyak 103 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendal, hari ini mengikuti vaksinasi dosis pertama. Kegiatan digelar di area Lapas yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kendal, Senin (2/8/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA Kendal, Samsul Hidayat mengatakan, saat ini jumlah penghuni total sebanyak 298 orang, namun hanya 103 orang yang bisa divaksin hari ini.

Pasalnya, sebanyak 193 orang penghuni lain, merupakan penyintas Covid-19 yang belum genap tiga bulan dinyatakan negatif Covid-19.

“Warga binaan yang penyintas Covid-19 baru dinyatakan positif pada 7 Juni, setelah melakukan rapid test antigen. Jadi belum genap tiga bulan, maka belum bisa divaksin,” jelasnya.

Menurut Samsul, vaksinasi bagi warga binaan harus dilakukan untuk mendapatkan herd immunity khususnya di lingkungan Lapas.

“Apalagi jumlah penghuni warga binaan melebihi kapasitas, maka kami kesulitan untuk menjaga jarak bagi warga binaan,” imbuhnya.

Sedangkan, lanjut Samsul, saat ini jumlah penghuni Lapas Kelas IIA Kendal, ada 298 orang. Padahal kapasitasnya hanya untuk 126 orang.

“Di Lapas ini susah melakukan jaga jarak, karena ruangannya terbatas, karena jumlah penghuninya melebihi kapasitas. Sehingga untuk menambah herd immunity, para penghuni harus divaksin,” ungkapnya.

Sebenarnya pihak Dinas Kesehatan Kendal juga memberikan kesempatan kepada keluarga pegawai Lapas Kendal untuk mengikuti vaksinasi, namun yang mendaftar hanya lima orang.

Salah seorang warga binaan, Fatah mengaku lega setelah divaksin Covid-19. Ia berharap dengan adanya vaksinasi ini, bisa terhindar dari virus Corona.

“Setelah divaksin saya merasa lega. Karena bisa menjaga kekebalan tubuh. Supaya bisa terhindar dari penularan virus corona,” ujarnya.(HS)

Share This

Pemkab Kendal Terima 5.000 Dosis Vaksin Astrazeneca

Mengawali Karir Dari Waiter